Negara Terbesar Di Dunia Terbaru

Negara Terbesar Di Dunia
Negara_Terbesar Di Dunia

NEGARA TERBESAR DI DUNIA

Negara Terbesar Di Dunia – Kita tahu, ada 196 negara di dunia saat ini. Dan para pakar telah memiliki sebuah parameter untuk kemudian menetapkan peringkat suatu negara berdasarkan kategori yang sesuai dengan negara tersebut. Dan salah satu peringkat /tolak ukur yang digunakan oleh para pakar tersebut yaitu_negara terbesar di dunia. Dimana yang menjadi standarisasi dari kategori ini adalah luas ukuran wilayah dari suatu negara tersebut.

Seperti judul yang sudah kita lihat bersama diatas, pada kesempatan kali ini, kami telah menyusun 10 daftar_negara terbesar di dunia. Dan diharapkan, dengan adanya data ini, dapat membantu para pembaca, yang sedang membutuhkan, baik itu para pelajar, mahasiswa, atau pun masyarakat Indonesia secara umum. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja di simak  pembahasan kita seputar daftar_negara terbesar di dunia versi ilmu pengetahuan.

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-1 : RUSIA

Ibukota : Moskow
Benua : Eropa – Asia
Luas Wilayah : 17.098.246 KM²
Negara ini memiliki jalur kereta api terpanjang di dunia. Mulai dari wilayah Moskow hingga ke wilayah Vladivostok bagian timur. Diperkirakan panjang jalur kereta api ini mencapai 9.289 km. Bukan hanya menempati posisi pertama sebagai_negara terbesar di dunia, Rusia juga memiliki sebuah kawasan wilayah yang dicatat sebagai wilayah terdingin di dunia, yang bernama Oymyakon. Oymyakon adalah sebuah kota yang terletak wilayah timur Rusia, dan merupakan tempat /wilayah dengan suhu paling rendah yang ada di dunia saat ini. Bayangkan saja, suhu terendah  di Oymyakon dapat menyentuh titik sekitar -67,8 derajat celcius. Fenomena ini tercatat pada 6 februari 1933.

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-2 : KANADA

Ibukota : Ottawa
Benua : Amerika Utara
Luas Wilayah : 9.984.670 KM²
Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia. Negara ini juga tercatat sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Dan tidak hanya itu, air terjun legendaris dunia, yaitu Niagara juga terletak di perbatasan wilayah Kanada – Amerika Serikat. Kanada juga memiliki wilayah hutan yang teramat luas, bahkan sangking luasnya wilayah hutan yang dimiliki Kanada, diperkirakan 10% cadangan hutan dunia berada di negara ini.

 

Negara Terbesar_Di Dunia Posisi Ke-3 : CHINA

Ibukota : Beijing
Benua : Asia
Luas Wilayah : 9.596.961 KM²
China merupakan rumah bagi salah satu peradaban tertua di dunia. Ada banyak sekali penemuan benda dunia yang berawal dari negara tirai bambu ini, seperti : kertas, kembang api, dan sutra. Puncak tertinggi di negara China adalah Gunung Everest / mount everest, yang juga merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl). Negara ini menduduki posisi ketiga sebagai negara terbesar di dunia.

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-4 : AMERIKA SERIKAT

Ibukota : Washington, D.C
Benua : Amerika Utara
Luas Wilayah : 9.525.067 KM²
Negara Paman Sam ini tidak memiliki bahasa resmi, namun, bahasa Inggris telah dianggap sebagai bahasa utama yang digunakan untuk undang-undang, peraturan, putusan pengadilan federal, perintah eksekutif, perjanjian, dan semua pernyataan resmi lainnya. Negara ini terkenal dengan nilai mata uangnya, yaitu Dollar US yang merupakan salah satu mata uang paling stabil di dunia, dan tentunya, negara ini juga dikenal sebagai negara_terbesar di dunia yang duduk di posisi keempat.

 

Negara_Terbesar Di Dunia Posisi Ke-5 : BRAZIL

Ibukota : Brasilia
Benua : Amerika Selatan
Luas Wilayah : 8.515.767 KM²
Brazil merupakan negara terbesar kelima di dunia, yang terkenal dengan pantai tropisnya dan masyarakat penduduk yang ramah. Di_negara ini juga terdapat salah satu sungai paling tenar dan_terbesar di dunia, yaitu Sungai Amazon. Sungai ini juga merupakan rumah bagi beragam satwa liar yang eksotis, beragam sistem ekologis, serta kaya akan limpahan sumber daya alam. Tertarik berenang di Sungai Amazon?

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-6 : AUSTRALIA

Ibukota : Canberra
Benua : Oseania
Luas Wilayah : 7.692.024 KM²
Australia merupakan bagian dari benua Oseania / Australia. Negara ini berada di belahan bumi bagian Selatan dan memiliki luas wilayah lebih dari 7.692.024 km². Dahulu, negara ini dijajah oleh Inggris dan digunakan sebagai koloni penjara untuk waktu yang sangat lama. Australia juga terkenal dengan satwa liar yang unik dan endemik. Australia memiliki beragam satwa liar yang mencakup 828 spesies burung, 378 spesies mamalia, 4000 spesies ikan, 140 spesies ular, 300 spesies kadal, dua spesies buaya, dan sekitar 50 jenis mamalia laut. (Baca Juga : Daftar Negara Pengguna Whatsapp Terbanyak)

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-7 : INDIA

Ibukota : New Delhi
Benua : Asia
Luas Wilayah : 3.287.263 KM²
Tidak hanya dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, India ternyata juga berada di posisi ketujuh sebagai negara terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas wilayah negara ini mencapai 3.287.263 KM². Negara ini adalah negara pertama yang mengembangkan teknik ekstraksi dan pemurnian gula di dunia. Negara ini merupakan salah satu negara tertua di dunia dan merupakan negara tempat di temukannya permainan catur. 

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-8 : ARGENTINA

Ibukota : Buenos AiresBenua : Amerika Selatan
Luas Wilayah : 2.780.400 KM²
Negara yang dijuluki dengan Negeri Tango ini menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi di negara tersebut. Negara_ini merupakan salah satu dari 10 negara_terbesar di dunia. Argentina memiliki 9 Situs Warisan Dunia UNESCO dan lebih dari 30 taman nasional ada di negara ini. Gletser Perito Moreno yang terletak di wilayah Taman Nasional Los Glaciares merupakan cadangan air tawar terbesar ketiga di dunia. Lanjut ke posisi 9.

 

Negara_Terbesar Di Dunia Posisi Ke-9 : KAZAKHSTAN

Ibukota : NursultanBenua : Asia
Luas Wilayah : 2.724.900 KM²
Negara ini memiliki nama resmi Republik Kazakhstan dan bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah Kazakh dan Rusia. Kondisi geografi Kazakhstan meliputi tanah datar, padang rumput stepa, taiga, ngarai batu, bukit, delta, gunung bersalju, dan padang pasir. Di provinsi selatan Republik Kazakhstan juga berdiri Cagar alam tertua di Asia Tengah (sejak 1926) yang dikenal sebagai Cagar Alam Aksu-Zhabagly.

 

Negara Terbesar Di Dunia Posisi Ke-10 : ALGERIA

Ibukota : Aljir
Benua : Afrika
Luas Wilayah : 2.381.741 KM²
Algeria atau yang lebih dikenal resmi, dengan nama Republik Demokratik Rakyat Aljazair, merupakan negara yang secara geografis terdiri dari dataran tinggi dan Gurun Sahara, dimana hampir 80% dari wilayah Aljazair tercakup dalam wilayah Gurun Sahara. Algeria atau Aljazair adalah negara terbesar di_dunia kesepuluh, yang sekaligus menutup pembahasan kita kali ini. Nantikan juga, pembahasan ilmiah kita lainnya masih seputar ilmu pengetahuan.

 

NEGARA TERBESAR DI DUNIA

Bagaimana? Setelah membaca 10 daftar negara terbesar di dunia diatas,_negara manakah yang menarik perhatianmu? Mungkin sekian saja pembahasan kita kali ini terkait negara_terbesar di dunia. Semoga informasi yang kami hadirkan dapat bermanfaat dan membantu anda. Ingat! Rajin membaca pangkal pandai. Sampai jumpa.

Share artikel ini ke sosial mediamu, bantu kami dalam mengembangkan media edukasi gratis untuk seluruh pelajar Indonesia

Author : Mantan Guru SDIT Alhanif Cilegon dan Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy Yogyakarta

Partner : Contoh-Contoh.Com