Makanan Yang Buruk Untuk Kulit

Makanan Yang Buruk Untuk Kulit

Master
Sunday, April 21, 2019

Hindari 5 Makanan Yang Buruk Untuk Kulit Versi Watpedia


Permukaan kulit yang tertutupi pakaian dan tidak terkena sinar matahari, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan. Karena apabila tidak dirawat dan diperhatikan, kondisi kulit yang terbuka dan yang tertutupi pakaian akan sama rusaknya. Ingat! bahwa jaringan kulit tubuh kita Itu tetap butuh asupan sama halnya anggota tubuh kita lainnya. Tidak hanya perawatan dari sisi eksternal saja (seperti : lotion, krim malam dan sejenisnya), perawatan dari sisi internal (dalam) justru terkadang lebih penting dan bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, kita bukan akan membahas mengenai ramuan atau makanan yang bisa menghaluskan kulit. Tapi judul kita kali ini, yaitu mengenai makanan apa saja yang bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi, dapat berakibat buruk pada kesehatan kulit kita.

Kalau kamu penasaran makanan apa saja yang "Nggak baik" buat kulitmu, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Makanan Yang Buruk Untuk Kesehatan Kulit


1. Makanan Olahan Dan Snack
Meski tidak semua, namun kebanyakan orang tentu suka makanan ringan dan beragam makanan olahan lainnya, seperti : coklat, kripik, biskuit dan lain lain. Tapi tunggu dulu yah, sebaiknya kamu lebih mengatur asupan makanan olahan yang kamu konsumsi. Jangan sampai berlebihan, karena para peneliti kesehatan mengatakan: Kebiasaan mengkonsumsi snack secara berlebihan dapat membuat tubuh merangsang produksi minyak berlebih didalam tubuh kita, dan tentunya hal ini akan menyumbat pori-pori dan mempercepat proses penuaan kulit,.kenapa? Karena pasalnya, makanan olahan ini apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak jaringan kulit tipis dan mempercepat proses munculnya garis garis halus disekitar wajah.


2. Produk Dairy (Susu)
Benar! mengkonsumsi susu dapat menyehatkan tubuh kita, tapi mulai saat ini kamu harus lebih berhati hati dalam mengkonsumsi susu dan segala produk turunannya (keju, yogurt dll). Kamu boleh mengkonsumsi susu dan segala produk turunannya, tapi ingat! jangan berlebihan. Pasalnya sebagian orang ada yang kurang cocok dengan produk susu dan sejenisnya. Apabila berlebihan, mereka yang mengalami ketidakcocokan akan muncul jerawat disekitar dagu, rahang dan mereka. Bahkan, salah seorang ahli kecantikan mengatakan: Munculnya jerawat ini disebakan tubuh mampu mengeluarkan hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, dalam kasus ini karena berlebih konsumsi produk dairy. Ingat sekali lagi, BOLEH namun jangan berlebihan.


3. Gula
Sama halnya dengan susu, konsumsi gula dalam jumlah yang terlampau besar dapat berakibat buruk pada kesehatan kulit. Hal ini dijelaskan oleh salah seorang pakar kesehatan yang mengatakan: Konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah yang bisa memicu radang, dan kulit yang memerah. Anda bisa berkonsultasi langsung kepada ahli gizi di kota Anda, untuk mengetahui berapa besar jumlah gula yang diperbolehkan untuk anda konsumsi dalam sehari.


4. Kafein
Dalam jumlah yang sedikit, konsumsi kafein memang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun jika anda tergolong orang yang hobi ngopi, sebaiknya perhatikan jumlah asupan kafein anda. Kurangi konsumsi kafein anda, jika menginginkan kulit yang segar, lembut dan tampak muda. Pasalnya, kafein dapat memicu dehidrasi pada tubuh kita. Dan apabila tubuh mengalami dehidrasi, kulit akan mudah keriput, kering, dan kehilangan elastisitas alaminya. Oleh kaena itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral setidaknya 7 sampai 8 gelas perhari. Tujuan salah satunya adalah agar kita tidak mengalami dehidrasi dan kekeringan kulit. Lanjut ke nomor lima.


5. Kerang
Mulai dari kerang, kepiting, udang, lobster dan segala hewan turunannya memang dikenal sebagai makanan mewah, mahal dan lezat. Tapi jangan senang dulu, sebab pangan jenis ini tergolong sebagai makanan yang mengandung sangat tinggi kadar yodium. Dan perlu diketahui, asupan yodium yang terlalu tinggi, akan menyebabkan pori pori kita tersumbat dan memicu tumbuhnya jerawat. Salah seorang ahli kecantikan bernama Chrystal Wellman pernah berkata: Lebih baik kita memilih ikan yang kaya asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang bagus untuk kulit, apalagi kandungan Omega-3 yang terdapat didalam ikan, menurut penelitian The University of Manchester mampu melindungi kulit dari radiasi matahari dan mencegah terjadinya kanker kulit.


Pada dasarnya, beberapa daftar makanan diatas bila dikonsumsi dengan bijak (jumlah yang terpat) akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, konsumsi berlebihan dari bahan makanan diatas dapat mengganggu kesehatan kulit yang tentunya dapat berujung rusaknya penampilan kulit, seperti kering, bersisik, dan munculnya garis garis halus.

By : Ilmu Pengetahuan