Makanan Khas Jepang Paling Populer

Makanan Khas Jepang Paling Populer

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa masakan Jepang selalu identik dengan ikan yang dikombinasikan dengan semangkuk nasi. Padahal, ada banyak sekali masakan khas Jepang yang memiliki variasi tampilan, hingga aneka rasa yang pastinya akan menambah pengalaman kuliner bagi yang mencicipinya. Postingan kita kali ini, akan mencoba membantu para pembaca agar lebih mengenal mengenai masakan khas Jepang khususnya yang paling populer di negeri Sakura tersebut. Hitung hitung, anda tidak perlu bingung lagi, bila ternyata mendapatkan undangan makan di salah satu restoran Jepang di Indonesia.

 

10 Makanan Khas Jepang Paling Populer

Makanan Khas Jepang #1 : Sushi & Sashimi

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan Khas Jepang terpopuler di posisi pertama adalah 2 masakan yang mungkin sudah sangat familiar ditelinga masyarakat Indonesia, Sushi dan Sashimi. Sushi adalah makanan Jepang yang tidak perlu diragukan lagi akan ketenarannya. Makanan khas Jepang yang satu ini terdiri dari beberapa bagian nasi yang dicampur dengan cuka beras (dibuat dengan gula dan garam) lalu kemudian dicampur dengan bahan bahan berbeda, seperti : Aneka makanan laut (contohnya: ikan), sayuran, nori (rumput laut), dan lain lain. Anda dapat mengambil sepotong sushi dengan menggunakan sumpit dan mencelupkannya kedalam kecap atau wasabi, atau juga bisa keduanya. Kombinasi dari bahan bahan segar sushi, ditambah bumbu yang pas, membuat sushi memiliki citarasa luar biasa didalam mulut anda. Namun, semua kembali pada selera dan bahan apa yang anda pilih untuk dijadikan sushi.

Sashimi pada dasarnya adalah makanan khas Jepang berupa ikan mentah atau pun makanan laut yang disajikan dengan wasabi (bumbu Jepang pedas), kecap asin, dan umumnya didampingi dengan irisan lobak disampingnya. Dalam huruf kanji, sashimi ditulis seperti ini: 刺身. Kanji pertama berarti tulang belakang dan kanji kedua berarti tubuh.  Kita lanjut ke nomor 2

 

Makanan Khas Jepang #2 : Tempura

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Tempura adalah makanan khas Jepang yang biasa dijadikan sebagai camilan saat di waktu santai. Kalau di Indonesia mungkin ibaratkan gorengan pisang atau bakwan. Hanya saja, tempura pada umumnya terbuat dari makanan laut dan sayuran. Meskipun begitu, Anda juga dapat menemukan tempura yang terbuat dari unggas dan ikan, yang dibumbui dengan saus yang terbuat dari kecap, jahe dan gula. Tempura dapat dibuat menggunakan hampir semua jenis sayuran. Ukuran potongan tempura harus dapat dimakan dalam satu gigitan. Meskipun digoreng dalam minyak, tempura tidak memiliki tekstur berminyak. Tempura biasanya disajikan dengan saus Tetsuyu yang merupakan campuran dari consomme, sake manis, kecap, jahe, lobak dan rempah-rempah. (khusus buat yang muslim tidak perlu mencampurkan sake ke dalam sausnya). Tertarik mencoba?

 

Makanan Khas Jepang #3 : Kare-Raisu (Nasi Kari)

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang paling populer berikutnya yaitu Kare Raisu atau disebut juga nasi kari. Masakan khas ini sangat sederhana, lezat dan dapat kita temukan hampir di seluruh tempat di Jepang. Kare-Raisu hanyalah nasi biasa yang dicampur dengan kuah kari. Akan tetapi rasanya tentu saja berbeda dari hidangan kari lainnya yang pernah Anda cicipi. Untuk membuat kari Jepang, Anda dapat menggunakan berbagai daging dan sayuran. Adapun sayuran yang paling dasar adalah bawang, wortel, dan ubi. Sedangkan daging, anda bisa menggunakan daging sapi, ayam, dan bebek. Ada berbagai tingkat pedas untuk kari yang satu ini, mulai dari: soft (tidak pedas), sedang, dan Pedas (ini adalah yang paling umum). Level mana yang akan Anda pilih?

Catatan: Bagi muslims, harap berhati hati jika ingin membeli masakan kari di Jepang, karena pada umumnya menggunakan campuran daging babi. Jika kamu berada di Jepang, kamu bisa datang ke restoran halal di Jepang.

 

Makanan Khas Jepang #4 : Okonomiyaki 

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang satu ini mirip dengan pancake yang dimasak dengan cara ditekan pada wajan, hanya saja bahan-bahannya sangat jauh berbeda dengan pancake pada umumnya. Okonomiyaki merupakan hidangan gurih (bukan manis). Dan biasanya, masakan khas Jepang yang satu ini dibuat dengan tepung, ubi dan telur, akan tetapi Anda juga bisa menambahkan apa pun yang Anda suka. Tambahan yang paling umum adalah bawang hijau, daging sapi, udang, cumi-cumi, sayuran, mochi, dan keju. Di beberapa restoran, anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, sebab koki akan memasak di meja anda dan anda bisa membantu koki dengan menambahkan bahan-bahan lainnya sesuai dengan selera Anda. Boleh di coba nih, jangan jangan mirip martabak Mesir.

 

Makanan Khas Jepang #5 : Shabu Shabu

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang satu ini pada dasarnya merupakan masakan hot pot Jepang. Shabu shabu, umumnya akan menggunakan banyak jenis daging, makanan laut, sayuran, tahu dan mie. Untuk membuat shabu shabu, Anda cukup mengambil sepotong daging (Anda juga bisa memetik beberapa sayuran) dan merendamnya kedalam panci yang berisi air panas atau susu. Setelah daging matang, Anda bisa mencelupkannya ke dalam saus wijen dan disantap bersama dengan nasi hangat sebagai pelengkapnya.

 

Makanan Khas Jepang #6 : Sup Miso

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang satu ini biasa disajikan sebagai lauk hampir di setiap hidangan (jamuan makan). Seperti namanya, Sup Miso ini terbuat dari pasta miso (kedelai fermentasi) dan dashi. Di dalam sup miso, umumnya Anda akan menemukan potongan tahu, bawang, rumput laut wakane, dan terkadang sayuran seperti ubi jalar, wortel, dan lobak. Sup miso tidak pernah disajikan sebagai hidangan utama. Kalau di film film Jepang, sup ini sering disajikan di meja makan berdampingan dengan hidangan utama. Dan bisa dibilang, masakan khas ini ibaratkan hidangan pelengkap dari hidangan utama.

 

Masakan Khas Jepang #7 : Yakitori

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang satu ini disebut dengan yakitori, atau yang lebih dikenal dengan sate. Kuliner ini merupakan salah satu masakan khas Jepang yang paling populer. Sebelumnya dalam sejarah, daging yang biasa digunakan untuk Yakitori hanyalah ayam saja (Catatan: “tori” dalam “Yakitori” berarti “burung”), tetapi saat ini, masyarakat Jepang mulai menggunakan aneka daging lainnya, seperti : sapi, ikan dan babi (tidak halal). Sate / Yakitori ini pada umumnya merupakan campuran sayuran dan daging yang dimasak di atas panggangan dan dicelupkan ke dalam saus teriyaki. Makanan khas Jepang yang satu ini adalah salah satu hidangan cepat saji paling otentik dari negeri Sakura. Penasaran..

 

Makanan Khas Jepang #8 : Onigiri

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang satu ini sering dijadikan sebagai camilan. Dan biasanya, onigiri dikonsumsi tanpa pernah kenal waktu. Tidak peduli jam berapa, atau di mana pun Anda berada, jika Anda dalam keadaan lapar dan tidak mempunyai waktu, Anda dapat membeli onigiri di beberapa toko atau pun swalayan di Jepang. Onigiri adalah bola nasi yang dibumbui dan memiliki beragam bentuk. Beberapa diantaranya diisi dengan ayam, sayuran, ikan, dan babi (tidak halal), sementara varian lainnya dilapisi dengan rumput laut atau dengan sepotong telur. Tersedia juga beberapa jenis onigiri yang hanya berupa nasi dicampur dengan saus, sayuran, kacang-kacangan, furikake dan lain lain.

 

Makanan Khas Jepang #9 : Udon

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Udon adalah makanan khas Jepang berupa mie kental, yang terbuat dari bahan tepung terigu. Masakan Jepang yang satu ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu, kecap dan mirin (sejenis alkohol; tidak halal). Bentuk dan ukuran udon biasanya tergantung pada prefektur tempat asalnya. Udon bisa dimakan dalam keadaan dingin ataupun panas. Soba dan Udon sangat populer di negara Jepang. Makanan khas Jepang ini biasa menjadi hidangan umum bagi para pekerja dan siswa di Jepang, saat waktu makan siang, sedangkan waktu yang mereka miliki hanya sedikit. Ada banyak toko Udon di Jepang dan biasanya selalu ramai. Namun kembali kami ingatkan, jika anda seorang muslim dan ingin menikmati udon di Jepang, kami sarankan untuk Anda agar makan di restoran halal Jepang saja.

 

Makanan Khas Jepang #10 : Soba

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Makanan khas Jepang yang terakhir dalam daftar kita kali ini adalah mie soba. Mie soba terbuat dari tepung soba yang memberikan warna, dan juga dikenal sebagai makanan cepat saji populer di Jepang karena harganya yang murah. Masakan khas Jepang ini dapat dimakan dalam keadaan dingin ataupun panas. Ada satu lagi tambahan menu..

 

Es Krim Khas Jepang : Es Krim Cremia

Makanan Khas Jepang
Makanan Khas Jepang

Daftar terakhir kita bukan menampilkan masakan khas Jepang. Melainkan salah satu Es krim lembut paling populer di Jepang. Toko es krim ini beroperasi sepanjang tahun dan memiliki nama CREMIA. Es krim CREMIA dibuat dari 12,5% lemak susu dan 25% krim kocok segar, yang membuat es krim ini memiliki citarasa lembut, dan melarut didalam mulut. Kerucut atau Corn es krim CREMIA terkenal lebih halus dibandingkan dengan corn wafel pada umumnya, karena corn yang dipakai oleh CREMIA terbuat dari biskuit lidah kucing yang lezat. Enak nih..

 

Makanan Khas Jepang Paling Populer (Penutup)

Itu saja daftar masakan khas Jepang paling populer yang bisa kami rangkum pada kesempatan kali ini. Sebagian menu dapat bebas dinikmati oleh siapa saja, namun sebagian menu lainnya tidak bisa di konsumsi oleh kaum muslim karena mengandung beberapa komposisi yang tidak lulus standarisasi halal. Sekian dari kami, semoga dapat bermanfaat.

Keyword / Kata Kunci :

  • Makanan jepang,
  • natto Makanan jepang,
  • Makanan khas jepang,
  • Makanan jepang di malang,
  • Makanan jepang di semarang,
  • Makanan jepang yang mudah dibuat,
  • Makanan jepang sushi,

Source : triplelights.com