Kota Besar di Jepang

Kota Besar di Jepang

Master
Tuesday, April 23, 2019

kota besar di Jepang
Kota Besar di Jepang - Sapporo - Pixabay

Kota Besar di Jepang 

Jepang adalah salah satu negara terpadat di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 127 juta orang. Diperkirakan, wilayah negara Jepang memiliki lebih dari 6.000 pulau yang tersebar di Samudra Pasifik. Meskipun negara ini terdiri dari begitu banyak pulau, namun hanya 430 pulau di Jepang yang dihuni oleh masyarakat Jepang. Dan dari 430 pulau tersebut, mayoritas penduduk menetap di empat pulau utama, yaitu Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu.

Seperti judul diatas, kali ini pembahasan kita terkait dengan kota besar di negara Jepang. Klasifikasi peringkat yang akan kita paparkan dibawah ini didasarkan pada jumlah penduduk yang menetapi atau tinggal di kota tersebut. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak urutannya, 10 kota besar di Jepang. Baca Juga : Ilmu Pengetahuan Tentang Jepang


Sepuluh Kota Besar di Jepang


Kota Besar Di Jepang #1

Tokyo - 37 juta jiwa (estimasi)

Tokyo merupakan ibukota Jepang dan sejauh ini kota Tokyo masih memegang gelar sebagai kota terpadat di negara ini. Bahkan tidak hanya di negara Jepang, sampai saat ini, kota Tokyo merupakan daerah metropolitan terpadat di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 37 juta jiwa. Mayoritas masyarakat Jepang tinggal di Greater Tokyo-Kanto yang terdiri dari Tokyo dan daerah-daerah yang mengelilingi kota. Kota ini berada di pulau Honshu yang merupakan pulau terbesar di Jepang.  


Kota Besar Di Jepang #2

Yokohama - 3,7 juta jiwa (estimasi)

Berikutnya, Kota besar di Jepang yang kedua adalah Yokohama. Kota Yokohama terletak dekat dengan Tokyo. Namun, meskipun dekat, kota ini dianggap sebagai kota tersendiri. Koneksi transit antara kota Tokyo dan Yokohama sangatlah mudah, sebab lalu lintas perjalanan antara kedua kota ini merupakan hal yang sudah dianggap biasa. Kota Yokohama menampung penduduk sekitar 3,7 juta jiwa (2015). Lanjut ke nomor 3.


Kota Besar Di Jepang #3

Osaka - 2,6 juta jiwa (estimasi)

Kota Osaka merupakan kota besar ketiga di Jepang. Pada zaman dahulu, kota ini merupakan kota yang terkenal sebagai pusat perdagangan beras, Kota Osaka saat ini, dikenal sebagai salah satu kota terpadat di negara Jepang. Kota Osaka memiliki akses lalu lintas yang sangat baik dengan tempat-tempat lain di negara Jepang melalui lintas transportasi kereta api. Sensus penduduk di Jepang tahun 2015 silam, memperkirakan ada 2,6 juta jiwa penduduk yang tinggal di kota Osaka. Kita ke nomor 4..


Kota Besar Di Jepang #4

Nagoya - 2,2 juta jiwa (estimasi)

Kota Nagoya menempati posisi ke 4 dalam daftar kota besar di Jepang kita kali ini. Kota Nagoya terkenal sebagai pusat penyimpanan dari salah satu pelabuhan paling penting di negara ini. Nagoya juga merupakan markas bagi perusahaan / industri otomotif besar di Jepang. Menurut data sensus, diperkirakan total penduduk yang tinggal di kota Nagoya sekitar 2,2 juta jiwa untuk estimasi tahun 2015 silam. Berikutnya kita keposisi nomor 5..


Kota Besar Di Jepang #5

Sapporo - 1,9 juta jiwa (estimasi)

Kota besar di Jepang berikutnya yaitu Sapporo. Kota ini terletak di pulau Hokkaido dan merupakan pusat destinasi wisata ski yang sangat terkenal di Jepang. Kota Sapporo memiliki iklim yang lebih dingin dibandingkan dengan kota kota lainnya di Jepang. Dan tidak sedikit wisatawan yang melakukan perjalanan ke sini, hanya untuk mengikuti festival olahraga musim dingin yang diselenggarakan. Keren Gan!


Kota Besar Di Jepang #6

Kobe - 1,5 juta jiwa (estimasi)

Kota Kobe merupakan kota besar yang terletak di Honshu. Diperkirakan ada sekitar 1,5 juta penduduk yang tinggal di kota ini. Secara geografis, kota Kobe terletak di tengah-tengah antara kota Osaka dan Kyoto. Kota ini juga merupakan pusat keuangan utama bagi negara yang dikenal dengan julukan negeri matahari terbit.


Kota Besar Di Jepang #7

Fukuoka - 1,5 juta jiwa (estimasi)

Kota Fukuoka berada di posisi ketujuh sebagai kota terbesar di Jepang dalam daftar kita kali ini. Kota ini merupakan salah satu kota di Jepang yang memiliki perkembangan paling stabil. Sampai pada tahun 2015, diperkirakan jumlah populasi penduduk yang berada di kota ini sekitar 1,5 juta jiwa.


Kota Besar Di Jepang #8

Kyoto - 1,4 juta jiwa (estimasi)

Kyoto merupakan Kota besar kedelapan di Jepang. Bisa dibilang, kota Kyoto termasuk salah satu kota paling populer di Jepang setelah kota Tokyo. Diperkirakan, ada sekitar 1,4 juta jiwa penduduk yang bermukim di kota ini (2015). Berdasarkan catatan sejarah, kota Kyoto merupakan salah satu pusat kebudayaan terbesar dan terpenting di Jepang, dan sempat menjadi ibukota Jepang, sebelum dipindahkan ke ibukota Jepang yang sekarang, yaitu: Tokyo. Baru tahu?


Kota Besar Di Jepang #9

Kawasaki - 1,4 juta jiwa (estimasi) 

Kawasan perkotaan Kawasaki di Jepang merupakan daerah perkotaan kesembilan terbesar di negara ini. Kota ini juga dianggap sebagai bagian dari Wilayah Tokyo Raya, dan memiliki jumlah populasi penduduk sekitar 1.4 juta jiwa menurut estimasi tahun 2015.


Kota Besar Di Jepang #10

10. Saitama - 1,2 juta jiwa (estimasi)

Di posisi terakhir dalam daftar kota besar di Jepang kita kali ini adalah Saitama, tidak jauh berbeda dengan kota Kawasaki, kota ini juga merupakan bagian dari Greater Tokyo Area. Kota Saitama identik dengan kawasan perkotaan yang padat. Diperkirakan, total estimasi penduduk di wilayah ini sekitar 1,2 juta jiwa dengan kepadatan populasi kota pada angka rata-rata 5.830 jiwa per km². Lumayan padat juga..


Kota Besar Di Jepang

Meskipun Jepang merupakan salah satu negara dengan perkembangan teknologi paling maju di dunia, namun negara ini memiliki sebuah kendala yang cukup serius, dimana populasi / pertumbuhan penduduk di negara ini kian berkurang dari tahun ke tahun. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti populasi manusia yang menua dan bagian dari migrasi penduduk yang jauh dari negara tersebut. Akan tetapi, meskipun kondisi di Jepang seperti yang sudah kita jelaskan diatas, kecil kemungkinan kota-kota ini akan berkurang populasinya. Hal ini disebabkan, semakin banyak masyarakat Jepang yang pindah ke kota-kota besar tersebut. Dan sejauh ini, diperkirakan sekitar 200 komunitas pedesaan di Jepang telah punah sejak pergantian abad, dan hampir 10% kota di Jepang saat ini berisiko mengalami nasib yang serupa, dimana 50% populasi dari tempat-tempat tersebut diperkirakan akan pindah ke kota-kota besar. Dan akibatnya, tentu populasi kota kota besar di Jepang yang sudah kita sebutkan diatas akan meningkat secara drastis. Mirip dengan kondisi warga desa di Indonesia yang melakukan adu nasib di kota Jakarta.


Keyword /Kata Kunci :

  • kota besar di jepang
  • contoh kota besar di jepang
  • kota industri terbesar di jepang adalah
  • sebutkan kota terbesar di jepang brainly
  • berikut ini merupakan kota-kota besar di jepang kecuali
  • kota terbesar kedua di jepang sebagai pusat industri tekstil adalah
  • kota besar di jepang yang dijatuhi bom atom oleh sekutu pada tanggal 9 agustus 1945 adalah


By : Ilmu Pengetahuan

Source : worldatlas.com