Kota Besar Di India Paling Populer – Ilmu Pengetahuan

Kota Besar Di India Paling Populer
Kota Besar Di India Paling Populer

KOTA BESAR DI INDIA PALING POPULER

Kota Besar Di India – Menurut data sensus, India memiliki intensitas tertinggi kedua dalam hal jumlah penduduk diantara negara-negara di dunia. Tercatat ada sekitar lebih dari 1,2 miliar penduduk yang hidup di negara tersebut. Sekitar tahun 2011, negara ini memiliki 27 kota dengan populasi penduduk melebihi satu juta jiwa. Kota-kota ini terdiri sekitar 43% dari populasi perkotaan di negara India. Berangkat dari kalimat pembuka diatas, kali ini kita akan membahas sebuah tema terkait 10 daftar nama kota yang merupakan kota besar dan terpadat di negara India.

Tapi sebelum lanjut, kami ingin sedikit mengingatkan, update terus informasi dan wawasanmu setiap hari hanya di ilmu pengetahuan dot Id, karena kami akan menghadirkan informasi menarik dan bermanfaat setiap harinya, tentunya seputar ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan umum, sosial, alam, biologi dan masih banyak lagi. Baiklah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak penjelasan kita dibawah ini. (Baca Juga : Daftar Nama Presiden Di Negara India)

10 KOTA BESAR DI INDIA PALING POPULER

1. Mumbai – Estimasi Penduduk 18,4 juta jiwa

Kota Besar di India pertama adalah Mumbai. Kota ini merupakan ibu kota Negara Bagian Maharashtra di India. Hingga 1995, nama resmi kota ini adalah Bombay. Mumbai terdiri dari dua bagian wilayah, distrik kota yang meliputi area 233 mil² dan area metropolitan Mumbai yang memiliki luas area lebih kurang 1.681,5 mil². Kota Mumbai memiliki populasi sekitar 18,4 juta jiwa, dan merupakan kota terbesar dan terpadat di India. Kekayaan kota Mumbai juga melampaui kota kota di India pada umumnya, karena disinilah tempat atau rumah bagi para miliarder dan jutawan India yang memiliki cadangan kekayaan paling tinggi.

2. New Delhi – Estimasi Penduduk 16,3 juta jiwa

Kota Besar di India kedua adalah New Delhi. Kota ini adalah wilayah persatuan atau divisi administrasi di negara India, itu artinya seluruh administrasi di negara India berpusat di kota New Delhi. Nama resmi kota ini adalah Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi. Kota New Delhi adalah wilayah yang memiliki populasi tertinggi kedua di India setelah kota Mumbai. Diperkirakan, ada sekitar 16,3 juta jiwa penduduk yang bermukim di kota ini. Kekayaan kota New Delhi diantara kota kota di India pada umumnya menempati urutan kedua, setelah Mumbai. Sekitar tahun 2016 silam, kota New Delhi terpilih sebagai salah satu dari dua wilayah metro paling produktif di India. Luas administratif kota New Delhi berkisar 573,0 mil².

3. Kolkata – Estimasi Penduduk 14 juta jiwa

Kota Besar di India ketiga adalah Kolkata. Sampai tahun 2001, nama resmi kota Kolkata adalah Calcutta. Kota ini merupakan ibu kota administratif Benggala Barat. Kolkata memiliki populasi 14.035.831 jiwa pada 2011. Kota ini adalah kota terpadat ketiga di negara India. Kolkata merupakan salah satu kota besar yang berperan sangat penting dalam membangun ekonomi dan militer di wilayah timur negara India. Tentu saja hal dikarenakan Kolkata merupakan satu-satunya kota dengan bandara internasional di daerah tersebut. Kolkata merupakan pusat budaya di India, dengan akar seni yang kuat, seperti: drama, teater, film, dan sastra. (Silahkan Baca : Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia)

4. Chennai – Estimasi Penduduk 8,7 juta jiwa

Kota Besar di India keempat adalah Chennai. Kota ini merupakan ibu kota Tamil Nadu. Sekitar tahun 2015 silam, kota Chennai terpilih sebagai kota teraman di India. Wilayah Chennai Metropolitan memiliki luas lebih kurang 459,07 mil² dan merupakan rumah bagi penduduk yang berjumlah sekitar 8.653.521 jiwa. Kota besar ini menerima lebih banyak turis kesehatan daripada kota mana pun di India, maka tidak heran bila kota besar Chennai mendapatkan gelar “Ibukota Kesehatan India”. Disamping itu, lebih dari 33% industri mobil di India berbasis di kota Chennai. Kota ini juga memiliki populasi ekspatriat yang besar, diperkirakan melampaui 100.000 jiwa pada tahun 2016 silam. Sekitar tahun 2015 silam, kota Chennai memiliki PDB per kapita tertinggi ketiga di India.

5. Bangalore – Estimasi Penduduk 8,5 juta jiwa

Kota Besar di India kelima adalah Bangalore. Kota ini terletak di Dataran Tinggi Deccan di wilayah selatan negara India. Bangalore adalah pusat administrasi negara bagian Karnataka. Nama resmi kota ini adalah Bengaluru. Luas wilayah administratif Bangalore sekitar 274 mil², sedangkan populasinya pada tahun 2017 mencapai 12,34 juta jiwa. Kota besar ini memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat kedua di India dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata sekitar 10,3%. Kita bisa menemukan banyak perusahaan IT yang berdiri di Bangalore, dibandingkan dengan kota kota lain di India. Bangalore juga merupakan pusat penelitian bioteknologi bagi negara India. Keren nih kota!
Baca Juga : Proses Alam Endogen Yang Menyebabkan Terjadinya Bentuk Muka Bumi

Kota Besar Di India Paling Populer

6. Hyderabad – Estimasi Penduduk 7.75 juta jiwa

Kota Besar di India keenam adalah Hyderabad. Kota ini adalah ibu kota resmi negara bagian Telangana. Kota ini juga berfungsi sebagai kursi administrasi de jure dari negara bagian India Andhra Pradesh, karena Hyderabad sebelumnya merupakan ibu kota negara bagian Andhra Pradesh, hingga akhirnya dipindahkan ke negara bagian Telangana yang baru dibentuk pada Juni 2014 silam. Luas kota ini sekitar 250 mil², dan memiliki populasi sekitar 7,75 juta jiwa. Kota Hyderabad adalah pusat ekonomi Telangana. Sektor jasa mempekerjakan 90% tenaga kerja di kota. Secara historis, Hyderabad berperan sangat penting dalam perdagangan mutiara. Kota ini merupakan pusat perdagangan tunggal untuk Golconda Diamonds secara global sampai abad ke-18 dan merupakan salah satu kota besar yang terdapat di negara India. Tertarik berkunjung kesini?

7. Ahmedabad – Estimasi Penduduk 6,3 juta jiwa

Kota Besar di India ketujuh adalah Ahmedabad. Kota ini adalah bekas ibu kota negara bagian Gujarat. Saat ini, berfungsi sebagai markas pemerintah distrik Ahmedabad. Kota Ahmedabad adalah kota terbesar di wilayah negara bagian Gujarat. Jumlah penduduknya sekitar 6,3 juta jiwa. Ahmedabad memiliki pasar bursa efek tertua kedua di India. Disamping itu, Ahmedabad juga memiliki industri kapas terbesar kedua di India. Kota ini adalah salah satu kota yang memiliki kemajuan paling pesat di India. Sekitar tahun 2010, Forbes menggelari Ahmedabad sebagai kota dengan pertumbuhan paling cepat ketiga dalam dekade ini. Old Ahmadabad atau Kota Bersejarah Ahmadabad berhasil masuk ke dalam daftar Kota Warisan Dunia UNESCO pertama di India pada Juli 2017. Lanjut ke nomor 8.

8. Pune – Estimasi Penduduk 6,4 juta jiwa

Kota Besar di India kedelapan adalah Pune. Kota ini adalah ibu kota negara bagian di Maharashtra, India. Wilayah administratif kota Pune mencakup seluas 281 mil², dan memiliki jumlah populasi penduduk sekitar 6.451.618 jiwa pada tahun 2019. Kota besar ini memiliki beberapa institusi pendidikan paling terkenal dan tercatat memiliki track record terbaik di bagian timur negara India. Diperkirakan 50% dari total populasi siswa internasional di India belajar di kota Pune. Riset, industri mobil, dan industri manufaktur, telah mendominasi perekonomian di kota Pune. Bahkan bukan hanya itu, banyak orang tidak mengetahui sebuah fakta, bahwa olahraga bulu tangkis yang terkenal di seluruh dunia ternyata berasal dari kota Pune.

9. Surat – Estimasi Penduduk 4,5 juta jiwa

Kota Besar di India kesembilan adalah Surat. Kota ini adalah kota pelabuhan di India, yang terletak di negara bagian Gujarat dan cukup mendominasi perekonomian negara. Sumber penghasilan utama dari kota Surat berasal dari industri makanan, berlian dan tekstil. Lebih dari 90% berlian kasar yang tersebar di seluruh dunia dipoles di kota ini. Kota Surat adalah kota terbersih ketiga di India. Kota besar ini menempati peringkat keempat sebagai kota yang memiliki progress tercepat di dunia. Luas administratif kota Surat lebih kurang 126.068 mil². Kota ini merupakan rumah bagi sekitar 4,5 juta penduduk. Sekitar 65% populasi penduduk kota telah terhubung ke jaringan internet. Struktur kota Surat dirancang untuk menjadi kota IT pintar pertama di India. Semoga Indonesia bisa nyusul.

10. Jaipur – Estimasi Penduduk 3,1 juta jiwa

Kota Besar di India kesepuluh adalah Jaipur. Kota ini merupakan ibukota dari negara bagian Rajasthan, sekaligus kota terbesar diwilayah tersebut. Kota Jaipur berada diatas tanah seluas 187,12 mil² dan merupakan rumah bagi 3,1 juta penduduk. Kota Jaipur adalah kota terpadat kesepuluh di negara India. Kota ini merupakan tujuan paling populer bagi para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, termasuk didalamnya adalah wisatawan mancanegara, terlebih khusus wisatawan yang berasal dari wilayah ASIA. Kota ini merupakan bagian dari Segitiga Emas India (julukan) bersama dengan Delhi dan Agra. Kota Jaipur juga dikenal dengan sebutan ‘Kota Merah Muda’

KOTA BESAR DI INDIA PALING POPULER

Sudah tahukan sekarang? Sekian saja pembahasan kita kali ini terkait dengan 10 KOTA BESAR DI INDIA PALING POPULER. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda. Terimakasih dan sampai jumpa lagi di topik kita lainnya.

Source : https://www.worldatlas.com/