Kapal Selam Terbesar Di Dunia – Ilmu Pengetahuan

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia

KAPAL SELAM TERBESAR DI DUNIA

Kapal Selam Terbesar Di Dunia – Kapal selam Angkatan Laut Rusia Typhoon Class berada di posisi puncak dalam daftar kapal selam terbesar di dunia versi ilmu pengetahuan. Kemudian diikuti oleh kapal selam the Borei Class yang juga milik Rusia, dan Ohio Class milik negara Paman Sam Amerika Serikat. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya dari daftar kapal selam terbesar di dunia pada edisi kali ini, langsung saja kita simak bersama uraian singkat ilmupengetahuan.id berikut ini. (Baca Juga : Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia)

Typhoon Class, Russia

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Pertama Adalah The Typhoon Class. Kapal Selam ini Merupakan kapal selam terbesar di dunia yang dimiliki Rusia, dengan daya benaman mencapai 48.000 ton. Kapal selama ini beroprasi dengan menggunakan energi nuklir dan dilengkapi dengan senjata rudal balistik. Kapal selam The Typhoon Class memiliki panjang sekitar 175 m, balok 23 m dan draf 12 m. Kapal selam ini didukung oleh dua reaktor air nuklir, dua turbin uap 50.000 hp dan empat turbogenerator 3.200KW. The Typhoon Class mampu bergerak dengan kecepatan 22.2 knot di permukaan dan 27 knot saat di bawah air.
Kondisi kapal selam ini jauh lebih luas dari kapal selam pada umumnya. Hal inilah yang membuat anggota kru dapat tinggal dengan nyaman selama 120 hari. Tidak hanya nyaman bagi para anggota kru kapal, The Typhoon Class juga mampu membawa 20 rudal balistik propelan padat tiga tahap RSM-52. Lanjut ke nomor 2.

Borei Class, Russia

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Yang Kedua Adalah The Borei Class. Kapal selam ini memiliki daya benaman seberat 24.000 ton, dan menempati peringkat kedua sebagai kapal selam terbesar di dunia. Sama seperti The Typhoon Class, kapal selam ini beroprasi dengan sistem tenaga nuklir. Kapal selam the Borei Class pertama adalah Yury Dolgoruky, diremikan menjadi armada pasifik Angkatan Laut Rusia pada Januari 2013 silam. Kapal selam The Borei Class dirancang oleh Rubin Design Bureau dan dibangun dengan biaya $ 770 juta. Saat ini, Rusia memiliki dua lagi kapal selam Kelas Borei bernama Vladimir Monomakh dan Knyaz Vladimir. Dan hingga kini, kedua kapal selam tersebut sedang dalam proses pengembangan.
Kapal selam The Borei Class memiliki ukuran panjang 170 m, memiliki balok 13,5 m dan draf 10 m. Kapal selam ini bekerja dengan mengandalkan reaktor nuklir, satu turbin uap, satu poros dan baling-baling. The Borei Class mampu membawa hingga 16 rudal, dan bergerak dengan kecepatan 15knot saat berada di permukaan, dan melaju hingga 29 knot saat kapal sepenuhnya berada didalam perairan. Lanjut posisi ketiga.

Ohio Class, AS

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Yang Ketiga Adalah The Ohio Class. Kapal selam ini merupakan kapal selam terbesar ketiga di dunia. Angkatan Laut AS mengoperasikan 18 kapal selam bertenaga nuklir Ohio Class, yang merupakan kapal selam terbesar yang pernah dibangun oleh AS. Setiap sub kapal memiliki daya benaman seberat 18.750 ton. Kapal selam pertama Ohio Class dibangun oleh Divisi Perahu Listrik General Dynamics Corporation di Groton, dan ditugaskan ke layanan pada November 1981. Setiap kapal selam Ohio Class memiliki panjang 170m, balok 13m, dan draft 10,8m. Kecepatan meluncur Ohio Class di permukaan sekitar 12 knot, sedangkan saat di bawah air Ohio Class dapat bergerak hingga kecepatan 20 knot. Kapal selam The Ohio Class mampu membawa 24 rudal Trident. Berikutnya no 4.

Delta Class, Russia

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Yang Keempat Adalah Delta Class. Kapal Selam ini merupakan kapal selam rudal balistik besar yang dibangun oleh Severodvinsk. Delta Class mencakup sub – Delta Class I, II, III dan IV. Daya benaman kapal selam Delta IV seberat 18.200 ton. Kapal selam Delta Class pertama ditugaskan pada tahun 1976. Kapal selam Delta Class III dan IV saat ini beroperasi dengan Angkatan Laut Rusia. Lima kapal selam Delta III dan enam kapal selam Delta IV saat ini aktif. Kapal selam Delta Class memiliki panjang 166 m, balok 12,3 m dan draft 8,8 m. Pembangkit listrik didalam kapal ini mencakup dua reaktor berpendingin air bertekanan dan dua turbin uap yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan kapal selam ini saat berada didalam air adalah 24 knot. Gudang senjata Delta Class mencakup tabung peluncuran D-9D untuk 16 R-29D SLBM, empat tabung torpedo 533mm dan dua 400mm. Next, number 5.

KAPAL SELAM TERBESAR DI DUNIA

Vanguard Class, United Kingdom

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Yang Kelima Adalah Vanguard Class. Kapal Selam ini memiliki daya benaman sekitar 15.900 ton, dan menjadikannya kapal selam terbesar kelima di dunia saat ini. Kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir ini beroperasi dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Kelas ini terdiri dari empat kapal selam, yaitu Vanguard, Victorious, Vigilant, dan Vengeance. Kapal selam Vanguard Class dibangun oleh Vickers Shipbuilding and Engineering. Kapal selam pertama di kelas, HMS Vanguard, ditugaskan pada tahun 1993. Semua kapal selam berbasis di Pangkalan Angkatan Laut HM Clyde, yang terletak 40 km ke arah barat Glasgow, di Skotlandia. Kapal selam ini memiliki panjang 149,9 m dan memiliki pancaran 12,8 m dan draft 12m. Mesin utamanya mencakup satu reaktor air bertekanan yang dipasok oleh Rolls-Royce, dua turbin dengan power 20,5MW yang diproduksi oleh GEC, dua motor penggerak tambahan yang dapat ditarik dan satu jet propulsor pompa poros. Selain itu, dua generator turbo dan dua alternator diesel dipasang di atas kapal. Kapal selam ini dipersenjatai dengan 16 rudal Trident II dan empat tabung torpedo 533mm. Vanguard Class ini memiliki kecepatan hingga 25 knot saat berada didalam air. Lanjut ke nomor 6.

Triomphant Class, Prancis

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Keenam Adalah Triomphant Class. Kapal Selam ini merupakan kapal selam dengan daya benaman sekitar 14.335 ton. Kapal selam tipe rudal balistik nuklir ini melayani Angkatan Laut Prancis. Kelas Triomphant mencakup empat kapal selam, yaitu Le Triomphant, Téméraire, Vigilant dan Terrible. Kapal selam utama ditugaskan pada Angkatan Laut Perancis di tahun 1997. Masing masing kapal selam memiliki panjang 138m, balok 12,50m dan draft 10,60m. Sistem propulsi kapal Triomphant Class mencakup reaktor nuklir K15 air bertekanan, dua alternator diesel Pielstick SEMT, sistem turboreduktor dan motor bantu 8PA4V200 SM. Kecepatan kapal selam ini saat berada didalam air adalah 25 knot. Kapal selam ini dipersenjatai dengan 16 rudal jarak menengah M45, rudal TN 75-tip, empat tabung torpedo 533mm dan torpedo F17. Next nomor 7.

Akula Class

Kapal Selam Terbesar Di Dunia
Kapal selam terbesar di dunia
Kapal Selam Terbesar Di Dunia Yang Ketujuh Adalah Akula Class. Kapal selam ini merupakan kapal selam penyerang bertenaga nuklir dengan daya benaman hingga 13.800 ton. Saat ini terdapat sepuluh unit Akula Class, dan sembilan di antaranya berada di layanan Angkatan Laut Rusia dan satu di layanan Angkatan Laut India. Sub pertama di Akula Class, ditugaskan ke Angkatan Laut Soviet pada tahun 1984. Kapal selam Akula Class memiliki lambung ganda yang terdiri dari lambung tekanan dalam dan lambung cahaya luar. Akula Class memiliki panjang sekitar 110 m, balok 13,6 m dan draft 9,7 m. Kecepatan kapal selam Akula Class saat berada di permukaan sekitar 10 knot, sedangkan kecepatan saat terendam mencapai 35 knot. Kapal selam Akula Class mampu menyelam selama 100 hari penuh. Mesin utama kapal selam ini mencakup satu reaktor nuklir air bertekanan, satu turbin uap dan dua turbogenerator dengan daya 2.000 KW. Sistem propulsi mencakup satu baling-baling dengan tujuh bilah dan satu propulor listrik yang dapat ditarik untuk mengurangi kecepatan jelajah. Fixed!

KAPAL SELAM TERBESAR DI DUNIA

Menarik bukan? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Sekian pembahasan kita kali ini terkait kapal selam terbesar di dunia. Baca juga artikel kita lainnya yang tentunya akan menambah wawasan dan informasimu seputar ilmu pengetahuan. Sampai jumpa!

By : Ilmu Pengetahuan

DAFTAR KAPAL SELAM TERBESAR DI DUNIA

Source : https://www.naval-technology.com/features/feature-the-worlds-biggest-submarines/