10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

Master
Sunday, April 28, 2019

10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan
10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pembangunan jembatan pada dasarnya bertujuan menghubungkan dua wilayah yang terpisah, baik itu terpisah karena lautan, sungai, atau jurang. Namun, selain berfungsi sebagai penghubung antar dua wilayah, jembatan juga berperan penting dalam memajukan perekonomian daerah, bahkan negara. Jembatan terpanjang di dunia saat ini adalah Zhuhai–Macau Bridge yang terletak di Hongkong. Panjang jembatan ini mencapai 55.000 meter atau lebih kurang 10 kali lipat dari panjang jembatan Suramadu. (Baca Juga : Mengenal Malaysia Lebih Dekat)

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, watpedia.com telah menyusun 10 daftar nama jembatan terpanjang di Malaysia. Untuk lebih lengkapnya, cek dibawah ini.

10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan


1. Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah 

Panjang Jembatan : 24.000 m 
Lokasi : Batu Kawan, Batu Maung, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Pertama Adalah Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan rampung pada tahun 2014 silam. Diperkirakan, biaya yang dihabiskan untuk membangun jembatan terpanjang di Malaysia ini sekitar Rp. 15.857.406.837.000. Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah menghubungkan Bandar Cassia di Seberang Perai di daratan Semenanjung Malaysia dengan Batu Maung di Pulau Penang.


2. Jembatan Penang

Panjang Jembatan : 13.500 m 
Lokasi : Pulau Pinang, Seberang Perai, Gelugor, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Kedua Adalah Jembatan Penang. Jembatan ini secara resmi dibuka pada tanggal 14 September 1985. Jembatan Penang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dengan Seberang Prai di daratan Malaysia. Hingga saat ini, Jembatan Penang adalah Jembatan Malaysia Terpanjang Kedua. Dengan perkiraan panjang sekitar 13.500 meter atau 13,5 km. Fantastis!


3. Jembatan Sungai Johor 

Panjang Jembatan : 4.000 m 
Lokasi : Senai–Desaru Expressway, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Ketiga Adalah Jembatan Sungai Johor. Sungai Johor Bridge atau Jembatan Sungai Johor pertama kali dibangun pada tahun 2005 dan mulai rampung pada tahun 2008 silam. Jembatan Malaysia ini memiliki panjang sekitar 4.000 meter, dan menghubungkan Pulau Juling di Distrik Johor Bahru di sebelah barat dengan Tanjung Penyabong di Kabupaten Kota Tinggi di sebelah timur.


4. Jembatan Ketiga Klang

Panjang Jembatan : 2.525 m
Lokasi : Klang, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Keempat Adalah Jembatan Ketiga Klang. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 2.525 meter / 2,5 km. Jembatan Malaysia yang satu ini melintang diatas sungai Klang dan menghubungkan antara wilayah Utara Klang dengan wilayah Selatan Klang. Jembatan Ketiga Klang dibangun sejak tahun 2008 dan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Mei 2017. Kalau berlibur di Malaysia boleh dicoba main ke jembatan ini.


5. Penghubung Kedua Malaysia–Singapura

Panjang Jembatan : 1920 m
Lokasi : Second Link Expressway; Singapura; Ayer Rajah Expressway, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Kelima Adalah Penghubung Kedua Malaysia - Singapura. Sesuai dengan namanya, jembatan Malaysia yang satu ini menghubungkan antara Singapura dan Johor, Malaysia. Jembatan penghubung ini pertama kali di buka untuk lalu lintas pada 2 Januari tahun 1998, dan diresmikan atau dibuka secara langsung oleh Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong dan Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamed. Lanjut ke nomor 6.

10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan


6. Jembatan Selat Lumut-SKVE

Panjang Jembatan : 1.700 m 
Lokasi : Selangor, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Keenam Adalah Jembatan Selat Lumut - SKVE. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1,7 km. Jembatan Selat Lumut ini memulai pembangunannya pada tahun 2010, dan baru rampung pada tahun 2013. Jembatan Selat Lumut adalah jembatan Malaysia jenis tol, yang melintasi Selat Lumut di Lembah Klang, Selangor, Malaysia. Jembatan ini merupakan jembatan selat terpanjang kedua di Lembah Klang setelah Jembatan Selat Lumut. Lanjut ke posisi ke 7.


7. Jambatan Permas Jaya

Panjang Jembatan : 1.500 m
Lokasi : Johor Bahru, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Ketujuh adalah Jembatan Permas Jaya.  Jembatan ini melintasi Sungai Tebrau dan Sungai Plentong. Jembatan Permas Jaya memiliki panjang 1,5 km dan merupakan jembatan lengkung terpanjang di Asia Tenggara pada tahun 1994. Pembangunan jembatan Malaysia ini berhasil mempersingkat waktu dan jarak perjalanan dari Bandar Baru Permas Jaya ke wilayah kota Johor Baru. Dari yang semula berjarak sekitar 18 km menjadi 6 km (estimasi).


8. Jembatan Batang Sadong

Panjang Jembatan :  1.480 m
Lokasi : Batang Sadong Bridge, 94600 Asajaya, Sarawak, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Kedelapan Adalah Jembatan Batang Sadong. Jembatan ini menghubungkan wilayah Sadong Jaya dekat Asajaya dengan wilayah Sadong dekat Simunjan di Divisi Samarahan, Sarawak, Malaysia. Jembatan Malaysia ini pertama kali dibuka pada 16 Oktober 2016 silam. Selain dikenal dengan nama Jembatan Batang Sadong, jembatan ini juga dikenal dengan nama jembatan Sungai Buloh. Panjang jembatan batang sadong sekitar 1,48 km.


9. Jembatan Putra

Panjang Jembatan : 435 m
Lokasi : Putrajaya, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Kesembilan Adalah Jembatan Putra. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 435 meter. Dan berfungsi menghubungkan Government Precinct dengan Mixed Development Precinct. Disamping itu, jembatan Malaysia yang satu ini juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara Putra Square dengan Boulevard. Jembatan putra dibangun sekitar tahun 1997 silam.


10. Jembatan Seri Perdana

Panjang Jembatan : 370 m
Lokasi : Putrajaya, Malaysia
Jembatan Malaysia Terpanjang Kesepuluh Adalah Jembatan Seri Perdana. Jembatan Malaysia yang satu ini dibangun dengan desain meniru gaya arsitektur kerajaan Islam. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 370 meter dan didalam jembatan ini terdapat delapan balkon atau tempat istirahat yang unik bagi pengunjung, untuk sekedar menikmati pemandangan panorama disekitar wilayah danau. Keren yah!


10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

Ada banyak sekali hal menarik yang bisa dibahas dari negara tetangga kita Malaysia, salah satunya adalah jembatan Malaysia yang terkenal dengan ukurannya yang panjang di Asia Tenggara. Mungkin sekian saja pembahasan kita kali ini seputar 10 jembatan Malaysia terpanjang versi ilmu pengetahuan. Semoga dapat bermanfaat. Ingat! Rajin membaca adalah pangkal pandai. Sampai jumpa lagi di rubrik kita yang lainnya.