Indonesia : Mengenal Indonesia Lebih Dalam

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Indonesia

 

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM

Setelah dijajah Belanda selama 350 tahun, dan Jepang selama 3,5 tahun, akhirnya tepat 17 Agustus 1945, Indonesia berhasil bangkit dari masa penjajahan menuju era kemerdekaan. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia hingga saat ini. Hingga kini Indonesia_tercatat telah memiliki lebih dari 18.000 pulau dan memiliki garis pantai sepanjang 54.720 km. Negara_Indonesia terbentang hampir seluas 2 juta km² dengan jumlah penduduk sekitar 260.580.739 jiwa. Dan pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan mengupas secara mendalam mengenai negara kita tercinta_Indonesia. Simak selengkapnya dibawah ini. (Baca Juga : 10 Negara Terbesar Di Dunia)

 

IBUKOTA 

Jakarta adalah ibukota dari negara kita Indonesia. Luas jakarta sendiri sebenarnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung kecil untuk ukuran sebuah ibukota. Ibukota kita, yaitu jakarta merupakan kota terpadat di_Indonesia, berdasarkan perhitungan dari badan pusat statistik provinsi DKI Jakarta, populasi di Ibukota telah mencapai 10.374.235 jiwa. Sekedar informasi tambahan, tahukah anda? Sebelumnya Indonesia_pernah menempati tiga kota selain jakarta sebagai Ibukota_Indonesia Pertiwi, kota tersebut adalah Yogyakarta, Padang, dan Aceh. Hanya saja, Aceh hanya dijadikan Ibukota “persinggahan” selama 1 pekan saja.

 

Bahasa Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, suku, ras, adat, dan bahasa. Percaya atau tidak, Indonesia_menduduki posisi kedua sebagai negara yang memiliki jumlah bahasa daerah paling banyak di dunia. Ditempat pertama ada Papua Nugini yang memiliki 867 bahasa daerah, sedangkan Indonesia yang menempati posisi kedua memiliki jumlah 742 BAHASA DAERAH! Namun bahasa resmi yang digunakan di Negara ini adalah bahasa_Indonesia.

 

Suku di Indonesia

Menurut data yang didapat dari sensus BPS 2010, diperkirakan Indonesia memiliki sekitar 1300 suku bangsa yang tersebar luas diseluruh provinsi_Indonesia. Dari sekian banyaknya suku yang ada di_Indonesia, suku jawa menempati posisi pertama sebagai suku yang memiliki populasi terbanyak di_Indonesia, diperkirakan jumlah populasi suku jawa di_Indonesia mencapai 40,2% dari total penduduk_Indonesia, kemudian disusul oleh suku sunda sebanyak 15,5% dan suku batak sebanyak 3,58% (sensus 2010). Berikut dibawah ini 20 suku teratas yang paling mendominasi populasi di Indonesia.
1. Suku Jawa – 40,2%
2. Suku Sunda – 15,5%
3. Suku Batak – 3,58%
4. Suku Madura – 3,03%
5. Suku Betawi – 2,88%
6. Minangkabau – 2,73%
7. Suku Bugis – 2,69%
8. Suku Melayu – 2,27%
9. Suku Arab – 2,10%
10. Suku Banten – 1,97%
11. Suku Banjar – 1,74%
12. Suku Bali – 1,67%
13. Suku Sasak – 1,34%
14. Suku Dayak – 1,27%
15. Suku Tionghoa – 1,20%
16. Suku Makasar – 1,13%
17. Suku Cirebon – 0,79%

 

AGAMA

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Agama di Indonesia / Pixabay

Mungkin di sebagian negara maju seperti Korea dan Cina, identitas agama bukanlah suatu hal yang penting untuk dimiliki seseorang. Akan tetapi lain halnya dengan Indonesia. Bagi masyarakat_Indonesia, agama merupakan identitas yang sangat penting dan saking pentingnya, didalam kolom kartu identitas pengenal, terdapat kolom yang menyatakan agama yang dianut oleh seseorang tersebut. Hal ini menunjukkan adanya perhatian besar pemerintah_Indonesia, terhadap agama sebagai bentuk identitas seseorang.Berdasarkan sensus penduduk_Indonesia tahun 2010, Agama Islam menduduki posisi pertama sebagai agama yang paling banyak di anut oleh masyarakat_Indonesia, sebanyak 87,18%. Kemudian disusul oleh Protestan sebanyak 6,96%, Katolik 2,9%, Hindu 1,69%, Buddha 0,72%, Konghucu 0,05%, agama lainnya 0,13% dan tidak menjawab sekitar 0,38%. (Data sensus 2010)

 

Pemerintahan Indonesia

Lain halnya dengan sistem pemerintahan negara tetangga, yaitu Malaysia yang menjalankan pemerintahan Federal parlementer monarki konstitusional, Indonesia dengan percaya diri menjalankan sistem pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat (2) : “Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat”.

Maka dari itu, jika kita merujuk pada Undang undang dasar diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa, kedaulatan yakni kekuasaan negara Indonesia sepenuhnya berada ditangan rakyat! Sedangkan Majelis Permusyarawatan Rakyat hanya bertugas menjalankan kedaulatan yang telah diamanahi oleh rakyat_Indonesia itu sendiri.

 

Presiden Indonesia

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Presiden Indonesia / Wikimedia.org

Sebagaimana yang telah kita jelaskan barusan di atas, negara Indonesia menjalankan sistem pemerintahan presidensial. Dimana pemimpin yang bertugas sebagai kepala negara adalah seorang presiden dengan masa jabatan selama 5 tahun. Dan setiap 5 tahun sekali, Indonesia_akan menggelar sebuah pesta demokrasi yang bertujuan untuk mengangkat / memilih sepasang calon untuk menempati jabatan kenegaraan Presiden dan Wakil Presiden. Dan dibawah ini telah kami susun daftar nama tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden di negara_Indonesia.

1. Dr.(H.C.) Ir. H. Soekarno
2. Jenderal Besar TNI Purn. H. M. Soeharto
3. Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie
4. Dr.(H.C.) K. H. Abdurrahman Wahid
5. Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri
6. Jenderal (HOR.) TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC
7. Ir. H. Joko Widodo

 

Wilayah Indonesia

Meskipun Indonesia tidak masuk dalam Top 10 negara terbesar di Dunia, akan tetapi negara_Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Bahkan, bukan hanya sekedar masuk dalam daftar negara dengan garis pantai terpanjang, akan tetapi_Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. Diperkirakan, panjang garis pantai_Indonesia mencapai 54.720 km. Adapun luas wilayah negara secara keseluruhan sekitar 1910931 km². Indonesia_juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dan menempati peringkat ke 15 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia versi global fire power 2019.

 

KOTA KOTA BESAR DI INDONESIA

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Kota Besar Indonesia / flickr.com

Sebagaimana negara pada umumnya, Indonesia_memiliki kota kota besar yang merupakan tiang ekonomi negara, sekaligus wilayah terpadat dibandingkan kota kota kecil lainnya di Indonesia. Berikut dibawah ini adalah kota kota besar di_Indonesia yang telah kami rangkum buat anda.

1. JAKARTA
Provinsi : Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Populasi : 10.647.383 jiwa

2. SURABAYA
Provinsi : Jawa Timur
Populasi : 2.917.688 jiwa

3. MEDAN
Provinsi : Sumatra Utara
Populasi : 2.499.838 jiwa

4. BANDUNG
Provinsi : Jawa Barat
Populasi : 2.440.717 jiwa

5. MAKASAR
Provinsi : Sulawesi Selatan
Populasi : 1.671.001 jiwa

6. SEMARANG
Provinsi :Jawa Tengah
Populasi :1.667.131 jiwa

 

Penduduk Indonesia

Indonesia adalah bangsa yang besar. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah penduduk di negara tersebut. Sejauh ini, Indonesia_menduduki posisi ke4 sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Diperkirakan, jumlah penduduk di Negara_Indonesia hingga 2019 ini mencapai 267 juta jiwa. Dimana 134 juta diantaranya berjenis kelamin laki laki, dan selebihnya adalah kaum wanita. Sebagaimana telah kita sampaikan sekilas diatas, mayoritas penduduk di negara Indonesia di dominasi oleh suku jawa, sunda dan batak. Namun selain suku suku asli Indonesia, terdapat juga penduduk imigran yang telah lama menetap di Negara_Indonesia seperti: Arab, India, dan Cina.

 

ORGANISASI INTERNASIONAL

Sebagai bangsa yang besar, tentu merupakan sebuah hal yang wajar jika Indonesia terlibat dalam organisasi internasional yang strategis. Dan dari sekian banyak organisasi internasional dunia yang diikuti_Indonesia, 5 diantaranya yang paling urgensi menurut kami adalah

– PBB (Persatuan Bangsa Bangsa)
– THE GROUP OF TWENTY (G20)
– OKI (Organisasi Kerjasama Islam)
– APEC (Asia Pacific Economic Cooporation)
– ASEAN (Association of South East Asian Nations)

 

Geografis Indonesia

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Geografis Indonesia / Pixabay

Secara geografis, Indonesia berada tepat di garis katulistiwa dan diapit oleh dua benua, yaitu: Benua Asia dan Benua Autralia. Indonesia juga merupakan wilayah yang termasuk rawan akan bencana alam, terlebih khusus gempa dan tsunami. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan_Indonesia dilalui oleh 3 lempeng tektonik dunia, yaitu: Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Indo-Australia. Selain disebaban pergerakan lempeng tektonik, gempa yang terjadi di_Indonesia juga bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi. Bayangkan saja, ada 139 gunung berapi di_Indonesia, dan 5 gunung yang paling aktif diantaranya adalah

Gunung Merapi – Jawa Tengah
Gunung Kelud – Jawa Timir
Gunung Sinabung – Sumatra Utara
Gunung Bromo – Jawa Timur
Gunung Soputan – Sulawesi Utara

 

Kuliner Indonesia

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Kuliner Indonesia

Panjangnya sejarah Indonesia sebagai persinggahan perdagangan antar benua, serta ditambah dengan kekayaan rempah alami yang istimewa, membuat_Indonesia kaya akan sajian khas kuliner nusantara. Bahkan, beberapa menu kuliner di negara kita telah tersebar ke berbagai negara di dunia dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat mancanegara. Diantara sekian banyak kuliner yang ada di Indonesia, kami telah menyusun beberapa daftar kuliner terpopuler khas_Indonesia. antara lain:

– Nasi Goreng
– Sate
– Mie Goreng
– Rendang
– Gado Gado
– Bakso
– Mie Ayam
– Soto Ayam
– Ayam Bakar
– Pempek
– Nasi Kuning
– Sayur Lodeh
– Ayam Goreng
– Opor Ayam
– Bubur Ayam
– Tumpeng
– Ikan Bakar
– Ketoprak
– Nasi Liwet
– Batagor
– Bakmi Jawa
– Asam Pedas
– Rawon
– Papeda
– Urap
– Gudeg
– Ayam Betutu
– Bubur Ketan
– Mie Aceh
– Karedok
– Gulai
– Pepes
– dll

 

Mata Uang Indonesia

Indonesia menggunakan mata uang Rupiah_Indonesia sebagai alat tukar secara resmi dan diakui oleh negara. Sebelum Rupiah, Indonesia_telah menggunakan ORI (Oeang Republik Indonesia) sebagai alat tukar resmi, baik itu untuk pembelian barang benda atau pun jasa. ORI beredar selama 4 tahun di Indonesia, hingga akhirnya 2 November 1949 pemerintah menetapkan Rupiah sebagai mata uang baru di_Indonesia. Dan pada tahun 1998, Indonesia mengalami musibah. Dimana krisis ekonomi Asia mengakibat nilai rupiah terhempas jatuh sebanyak 35% dan berimbas pada jatuhnya pemerintahan yang dipimpin oleh Jenderal Besar TNI Purn. H. M. Soeharto sejak 12 Maret 1967 – 21 Mei 1998.

 

BADAN USAHA MILIK NEGARA

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
BUMN Indonesia

Diantara tujuan didirikannya BUMN atau badan usaha milik negara adalah sebagai pendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya Indonesia. BUMN sendiri merupakan bentuk perusahaan yang secara kepemilikan bisa seutuhnya milik negara, atau sebagian besarnya milik negara, atau sebagian kecilnya milik negara, atau bahkan negara tidak memiliki saham didalamnya, namun negara berhak mengontrol segala bentuk kinerja perusahaan tersebut yang tentunya untuk menjaga keseimbangan perekonomian di_Indonesia. Dibawah ini, telah kami susun 10 Badan Usaha Milik Negara terbesar di_Indonesia.

PT. KAI (Kereta Api Indonesia)
PERTAMINA
PT. ANGKASA PURA II
PT. PLN
PT. ASURANSI JIWASRAYA
JASA MARGA
PERUM BULOG
TELKOM INDONESIA
PT. BANK RAKYAT INDONESIA
PT. BANK MANDIRI

 

PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia

Menurut istilah ekonomi, Gross domestic product atau yang lebih dikenal dengan sebutan Produk Domestik Bruto, merupakan nilai pasar dari keseluruhan barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan data dari statisticstimes.com Indeks GDP negara Indonesia di tahun 2019 ini berada pada angka 1.066,84 miliar dolar.

 

PENDIDIKAN

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Pendidikan Di Indonesia / Pixabay

Secara khusus, pendidikan yang didapatkan setiap warga negara_Indonesia merupakan tanggung jawab dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pembagian pendidikan di Indonesia pun terbagi menjadi 3 (secara garis besar), yaitu : formal, informal dan non formal. Secara formal, sistem pendidikan di negara Indonesia_memiliki 4 jenjang pendidikan, antara lain:

– Pendidikan Usia Dini, mencakup : Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal

Pendidikan Dasar, mencakup : Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah

– Pendidikan Menengah, mencakup : Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah Kejuruan.

Pendidikan Tinggi, mencakup : Perguruan tinggi (Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas)

 

MUSEUM

Museum Indonesia / m qiem

Museum adalah bangunan yang merupakan tempat berkumpulnya benda benda menarik dan berharga dari suatu negara, instansi atau pun individu tertentu. Adapun yang dimaksud dengan barang benda berharga disini yaitu, seperti: karya seni, benda benda peninggalan bersejarah, objek benda langka sebagai media untuk dipelajari, dan dipajang di depan umum. Di Indonesia sendiri terdapat 10 museum paling populer yang biasa dijadikan sebagai rujukan, saat ingin berkunjung ke sebuah museum. Berikut daftar 10 museum terpopuler di Indonesia.

– Museum Angkut – Jawa Timur
– Museum Nasional Indonesia – Jakarta
– Museum Fatahillah – Jakarta
– Museum Blanco Renaissance – Pulau Bali
– Museum Ullen Sentalu – Jawa Tengah
– Museum Tsunami Aceh – Banda Aceh
– Museum Geologi Bandung – Jawa Barat
– Museum Affandi – Daerah Istimewa Yogyakarta
– De Mata Museum Jogja – Yogyakarta
– Museum Konferensi Asia Afrika – Jawa Barat

 

BANDARA

Bandara di Indonesia / Pixabay

Di era modern saat ini, keberadaan Airport atau yang biasa disebut dengan bandara merupakan sebuah fasilitas yang sangat urgen bagi suatu negara, terlebih lagi jika negara tersebut memiliki wilayah yang luas. Disamping memiliki fungsi sebagai landasan pesawat dan alat transportasi udara lainnya, bandara juga berperan penting dalam menjaga arus lalu lintas udara serta menggerakkan sendi sendi perekonomian negara. Berikut dibawah ini telah kami susun 10 daftar bandara, yang memiliki lalu lintas terpadat di Indonesia.

  1. Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta – Jakarta
  2. Bandar Udara Internasional Juanda – Surabaya
  3. Bandar Udara Internasional Ngurah Rai – Denpasar
  4. Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin – Makassar
  5. Bandar Udara Internasional Kuala Namu – Medan
  6. Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman – Kota Balikpapan
  7. Bandar Udara Internasional Hang Nadim – Batam
  8. Bandar Udara Syamsudin Noor – Banjarmasin
  9. Bandar Udara Internasional Minangkabau – Padang
  10. Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang

 

SUNGAI

Jika diterjemahkan secara bahasa, sungai berarti Aliran air berskala besar yang berasal dari mata air (umumnya pegunungan) bergerak ke arah muara, hingga akhirnya air mengalir masuk ke lautan lepas. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 333 aliran sungai yang telah terdata, dan berikut dibawah ini telah rangkum 10 sungai terpanjang yang ada di_Indonesia.

  1. Sungai Kapuas – 1.143 km – Kalimantan Barat
  2. Sungai Mahakam – 920 km – Kalimantan Timur
  3. Sungai Barito – 909 km – Kalimantan Tengah & Kalimantan Selatan
  4. Sungai Batanghari – 800 km – Sumatra Barat dan Jambi
  5. Sungai Musi – 750 km – Sumatra Selatan
  6. Sungai Mamberamo – 670 km – Papua
  7. Sungai Bengawan Solo – 600 km – Jawa Timur
  8. Sungai Brantas – 525 km – Jawa Timur
  9. Sungai Digul – 525 km – Papua
  10. Sungai Indragiri / Batang Kuantan – 525 km – Riau

 

DANAU

Danau Toba Indonesia / Pixabay

Mungkin sebagian besar diantara kita sudah pernah berkunjung ke danau terbesar di wilayah tempat tinggal kita masing masing, atau minimal kita pernah melintasi daerah sekitar danau untuk bepergian ke suatu tempat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jumlah danau yang tersebar hampir di setiap provinsi besar di seluruh Indonesia. Namun, terdapat 10 danau yang paling dikenal dan mahsyur dikalangan masyarakat Indonesia. Penasaran? Cek dibawah ini.

1. Danau Toba
Luas : 1.130 km persegi – Sumatra Utara

2. Danau Towuti
Luas : 561,1 km persegi – Sulawesi Selatan

3. Danau Poso
Luas : 323,2 km persegi – Sulawesi Tengah

4. Danau Sentarum
Luas : 275 km persegi – Kalimantan Barat

5. Danau Matano
Luas : 164,1 km persegi – Sulawesi Selatan

6. Danau Jempang
Luas : 150 km persegi – Kalimantan Timur

7. Danau Paniai
Luas : 145 km persegi – Papua

8. Danau Rombebai
Luas : 137,49 km persegi – Papua

9. Danau Tempe
Luas : 130 km persegi – Sulawesi Selatan

10. Danau Semayang
Luas : 130 km persegi – Kalimantan Timur

 

OLAHRAGA

Olahraga Indonesia / Pencak Silat

Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang bertujuan menjaga kesehatan jiwa dan raga, melalui gerakan anggota badan yang telah terstruktur sebagaimana mestinya. Dalam periode waktu tertentu, olahraga juga sering dijadikan sebagai ajang kompetisi, baik itu dalam lingkup daerah, nasional, bahkan hingga tingkat internasional. Terkait dengan olahraga, berikut dibawah ini terdapat 6 jenis olahraga khas Indonesia, dan dua diantaranya telah masuk kedalam kancah olahraga tingkat dunia.

  1. Pencak Silat
  2. Sepak Takraw
  3. Pathol
  4. Karapan Sapi
  5. Pacu Jalur
  6. Fahombo (Lompat batu Nias)

 

INTERNET

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Internet Indonesia

Jika dimaknai secara bahasa, Internet merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang bekerja menggunakan saluran telepon, kabel, satelit, serta koneksi nirkabel untuk menghubungkan komputer dan perangkat lainnya kedalam jaringan World Wide Web. Secara umum, semua komputer modern saat ini dapat terhubung ke jaringan internet, seperti halnya smartphone, televisi modern, konsol permainan video dan perangkat lainnya. Masih terkait dengan Internet, tahukan anda? Bahwa Indonesia merupakan salah negara dengan konsumsi internet terbanyak di dunia. Tepatnya, Bumi Indonesia_pertiwi berada di posisi kelima sebagai negara pengguna internet terbanyak di dunia.

Ranah Internet : .id

 

MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM

Itulah tulisan singkat kita seputar negara tercinta Indonesia. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa. Assalamu’alaikum.

Judul : MENGENAL INDONESIA LEBIH DALAM
Penulis : Admin
Tanggal : 5 April 2019
Hari : Jum’at
Di : Kota Medan
Sumber : Google, Natgeo Indonesia, Badan Pusat Statistik, Wikipedia, dan masih banyak lagi