DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Master
Saturday, April 20, 2019

DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Gunung Tertinggi di Dunia - Jajaran Pegunungan Himalaya merupakan titik tertinggi permukaan bumi dan dianggap sebagai 'cadangan air tawar' dalam bentuk gletser, es, dan salju saat menghadapi dampak luas dari perubahan iklim. Gunung-gunung tertinggi di dunia adalah sesuatu hal yang paling indah, menakjubkan dan mempesona, terlebih lagi jika kita dapat menikmati langsung pemandangan alam semesta dari puncak tertinggi gunung tersebut. Seperti judul yang sudah lihat bersama, kali ini kita akan membahas mengenai 10 gunung tertinggi di dunia lengkap dengan ketinggiannya. Dan untuk menghemat waktu, langsung saja kita simak uraian selengkapnya dibawah ini. 


DAFTAR 10 GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA DAN KETINGGIANNYA


1. Gunung Everest 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.848 meter
Lokasi : Nepal
Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia, yang terletak di bagian Timur Laut Nepal. Ketinggian Puncak Gunung Everest mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut. Gunung Everest disebut juga sebagai "Sagarmatha" dalam bahasa Nepal dan "Chomolungma" dalam bahasa Tibet. Gunung Everest mendapatkan namanya setelah ditemukan pertama kali oleh Land Surveyor General 'Sir George Everest'. Tenzing Norgay Sherpa dan Edmund Hillary tercatat sebagai orang pertama di dunia yang mendaki Gunung Everest pada Mei 1953. Perjalanan base camp Everest adalah paket trekking paling populer di wilayah ini. Tertarik ngetrip kesana? siapkan dulu duitnya yah.


2. Gunung K2 


GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.611meter
Lokasi : Pakistan
Mungkin nama gunung everest sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi tahukah anda bahwa terdapat gunung yang tingginya tidak jauh berbeda dengan gunung everest? Gunung tersebut adalah K2. Gunung K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest, dengan ketinggian mencapai 8.611 meter. Gunung ini terletak di perbatasan Cina dan Pakistan. Nama K2 adalah singkatan dari puncak ke-2 di Karakoram Range. Mendaki ke puncak gunung K2 merupakan tugas yang sangat berat, namun tetap saja, diperkirakan sekitar 250 pendaki telah berhasil mencapai puncak K2. Dari kejauhan tampak "Piramida es besar" jika kita berada di posisi puncak gunung K2. Seorang Ekspedisi dari Italia bernama Tech, menjadi orang pertama yang mendaki Gunung K2 pada tahun 1954. Berani coba berpetualang ke gunung k2?


3. Gunung Kanchenjunga


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.586 meter
Lokasi : Nepal / India
Mount Kanchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia, dengan ketinggian sekitar 8.585 meter. Gunung ini terletak di dua wilayah, yaitu : Nepal dan India. Kanchenjunga juga dikenal sebagai "Lima Harta Karun Salju" karena anugrahi dengan lima sumber daya alam berharga, yaitu : permata, emas, perak, biji-bijian dan buku-buku suci. Pada tahun 1955, Joe Brown dan George Band berhasil naik ke puncak gunung dan mengukir namanya didalam buku sejarah sebagai orang pertama yang menaklukan gunung Kanchenjunga.


4. Gunung Lhotse


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.511 meter
Lokasi : Nepal
Mount Lhotse atau Gunung Lhotse adalah gunung tertinggi keempat di dunia. Tingginya mencapai 8.511 meter. Gunung Lhotse terhubung ke Gunung Everest. Jalan menuju Gunung Lhotse dipenuhi dengan bebatuan yang sangat berbahaya dan dramatis. Lhotse terletak di perbatasan Nepal dan Tibet. Gunung Lhotse juga dikenal sebagai salah satu gunung paling berbahaya dan mematikan di dunia, karena banyak pendaki yang berjuang di gunung ini dan mengalami kematian sebelum berhasil sampai ke puncak tertinggi Lhotse. Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger adalah dua orang pertama yang berhasil mendaki hingga puncak gunung ini pada tahun 1956. Bila anda tidak siap fisik dan mental sebaiknya jangan coba coba mengantar nyawa ke gunung lhotse.


5. Gunung Makalu 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.462 meter
Lokasi : Nepal
Mount Makalu adalah gunung tertinggi kelima di dunia. Ketinggiannya bisa mencapai 8.462 meter. Gunung Makalu ini memiliki tepi yang sangat tajam dan jurang yang curam, sehingga membuat gunung ini cukup sulit untuk didaki. Mount Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya bisa dibilang mirip seperti piramida empat sisi. Lionel Terray dan Jean Couzy adalah dua orang pertama yang berhasil mendaki puncak ini pada tahun 1955. Kita lanjut ke posisi keenam.

DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

6. Gunung Cho Oyu 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8201 meter
Lokasi : Nepal
Gunung Cho Oyu terletak di jajaran Pegunungan Himalaya dan Nepal, dan merupakan salah satu gunung tertinggi dari daftar kita kali ini. Ketinggian gunung ini mencapai 8.201 meter. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang paling mudah untuk didaki. Dua orang pendaki bernama H. Tichy, dan S. Jochler, adalah orang pertama yang berhasil mendaki dan mencapai puncak Cho Oyu pada Oktober 1954. Gunung Cho Oyu juga dikenal sebagai "Dewi Turquoise" di wilayah Tibet. Jika anda berniat melakukan tour ke gunung cho oyu, jangan lupa siapkan duit yang banyak. hehe


7. Gunung Dhaulagiri 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8167 meter
Lokasi : Nepal
Mount Dhaulagiri atau Gunung Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Secara geografis Gunung ini terletak di wilayah utara Nepal tengah. Ketinggian Puncaknya mencapai 8.167 meter. Gunung Dhaulagiri telah menjadi titik pusat para wisatawan dan para pendaki dari berbagai belahan dunia. Nama Dhaulagiri memiliki arti "Gunung Putih". Sekitar bulan Mei tahun 1960, beberapa nama pendaki pertama berhasil dicatat dalam sejarah Mountain climber. Mereka adalah K. Diemberger, P. Diener, Nyima Dorji, dan Nawang Dorji. Bila anda ingin menaklukan Gunung Dhaulagiri, sebaiknya anda coba taklukan Puncak Jayawijaya di Indonesia terlebih dahulu.


8. Gunung Manaslu 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.163 meter
Lokasi : Nepal
Mount Manaslu atau Gunung Manaslu adalah gunung tertinggi kedelapan di dunia. Gunung ini terletak di Nepal Himalaya dengan ketinggian mencapai 8.163 meter. Gunung ini dikelilingi oleh bebatuan es keras yang menutupi area luas di bagian bawah gunung dan merupakan salah satu hal yang paling menarik untuk dilihat. Arti dari "Manaslu" sendiri yaitu "Gunung Roh". Salah seorang pendaki yang berasal dari Negara Jepang, yaitu: T. Imanishi berhasil menjadi orang pertama yang menaklukan gunung Manaslu pada tahun 1956.


9. Gunung Nanga Parbat 


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.125 meter
Lokasi : Pakistan
Gunung Nanga Parbat adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia. Gunung ini terletak di sisi selatan Sungai Indus di Gilgit Baltistan, Pakistan. Gunung Nanga Parbat memiliki arti "Gunung Telanjang". Ketinggian Puncak gunung ini mencapai 8.125 meter. Gunung Nanga Parbat juga dikenal sebagai Gunung Pembunuh, karena banyaknya pendaki yang kehilangan nyawanya di paruh pertama abad kedua puluh. Salah seorang pendaki yang berasal dari negeri kangguru, Hermann Bahl adalah anak manusia pertama yang berhasil mendaki Nanga Parbat pada tahun 1953. Lanjut ke nomor terakhir.


10. Gunung Annapurna


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA
Gunung Tertinggi di Dunia


Ketinggian : 8.091 meter
Lokasi : Nepal
Mount Annapurna atau Gunung Annapurna adalah gunung tertinggi kesepuluh di dunia. Annapurna terletak di wilayah Nepal tengah dengan ketinggian puncak lebih kurang 8.091 meter. Dalam bahasa Sansekerta, Annapurna berarti Dewi Panen. Puncak gunung Annapurna merupakan lokasi pendakian yang paling mematikan di dunia. Area konservasi Gunung Annapurna adalah area konservasi pertama dan terbesar di wilayah Nepal dengan luas wilayah sekitar 7.629 km persegi. Dua orang pendaki  dari Prancis bernama M. Herzog dan L. Lachenal berhasil tercatat didalam buku sejarah Mountain Climber sebagai pendaki pertama yang berhasil menaklukan Gunung Annapurna pada tahun 1950. Base camp Annapurna adalah pintu gerbang untuk mendaki gunung ini. Selesai..!


DAFTAR GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Tentu ada banyak sekali jumlah gunung yang tersebar di seluruh belahan dunia. Namun, mayoritas gunung tertinggi di dunia berhasil didominasi oleh pegunungan di wilayah Nepal dan India. Itu saja pembahasan kita kali, semoga informasi yang telah kami sajikan dapat bermanfaat. Dan jangan lupa, peliharalah semangat membaca didalam diri anda, karena dengan membaca, anda akan memiliki ilmu serta pandangan yang luas terhadap apapun yang terjadi pada diri anda dan lingkungan sekitar anda.

By : Ilmu Pengetahuan

Source : abovethehimalaya.com