NEGARA GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA

NEGARA GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA

Master
Monday, April 22, 2019

GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA
Garis pantai terpanjang di dunia

GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA

Merujuk pada Cambridge Advanced Learner's Dictionary & Thesaurus, garis pantai didefinisikan sebagai "bentuk pantai tertentu, terutama yang terlihat dari atas, dari laut, atau pada peta". Ukuran garis pantai suatu negara sangat bervariasi sesuai dengan skala pengukurannya. Peta berskala lebih kecil tentunya akan menghasilkan nilai pengukuran garis pantai yang lebih kecil pula daripada peta berskala lebih besar. Saat kita berbicara mengenai "skala", tentu hal ini mengacu pada koneksi point-to-point yang dibuat di sepanjang garis pantai pada suatu negara tertentu, yang kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan angka total panjang garis pantai dari suatu wilayah. (Baca Juga : 10 Negara Terbesar Di Dunia)

Berdasarkan penjelasan diatas tentu dapat kita simpulkan, bahwa tatkala kita membandingkan atau melakukan komparasi garis pantai antara negara, kita wajib menggunakan peta dengan skala dan ukuran yang sama agar dapat memberikan hasil pengukuran yang penuh dengan akurasi. Dan kali ini, terkait dengan penjelasan barusan, kita telah menyusun 10 daftar negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Simak berikut ini.

10 NEGARA GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #1

KANADA

Panjang Garis Pantai : 202.080 km
Ibukota : Ottawa
Benua : Amerika Utara
Keterangan : Mungkin, soal ukuran luas wilayah, Kanada memang kalah dengan negara terbesar di dunia yaitu Rusia. Akan tetapi, jika kita berbicara mengenai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia maka Kanada adalah jawaranya. Garis pantai Kanada terbentang sepanjang 202.080 km dan mencakup wilayah Samudra Pasifik di barat, Samudra Atlantik di timur, dan Samudra Arktik di utara. Keren Cuy!


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #2 

INDONESIA

Panjang Garis Pantai : 54.720 km
Ibukota : Jakarta
Benua : Asia
Keterangan : Walaupun tidak masuk dalam daftar 10 negara terbesar di dunia, banyaknya jumlah pulau di Indonesia sangat memenuhi syarat untuk menempati peringkat kedua sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Bayangkan saja, diperkirakan panjang garis pantai negara ini mencapai 54.720 km. Bravo Indonesia!


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #3 

GREENLAND

Panjang Garis Pantai : 44.087 km
Ibukota : Nuuk
Benua : Amerika Utara
Keterangan : Negara Tanah Hijau atau yang biasa disebut dengan Greenland adalah sebuah negara otonom yang terletak di antara Kutub Utara dan Samudra Atlantik, dan merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yaitu 44.087 km. Garis pantai di Greenland menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan dan eksotis, mulai dari lanskap spektakuler yang ditandai oleh teluk, gletser, gunung es, hingga jajaran tebing yang membentang. Jadi pengin kesana!


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #4 

RUSIA

Panjang Garis Pantai : 37.653 km
Ibukota : Moskow
Benua : Eropa - Asia
Keterangan : Negara ini (Rusia) adalah negara berdaulat di wilayah Eurasia utara yang memiliki garis pantai sepanjang 37.653 km. Garis pantai yang dimiliki negara ini mencakup wilayah Samudra Pasifik di timur, Samudra Atlantik di barat, Samudra Arktik di utara, dan Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Laut Azov di barat daya. Mayoritas penduduk di negara ini menetap di sepanjang garis pantai. Enak donk, cuma bahaya tsunami.!


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #5

FILIPINA

Panjang Garis Pantai : 36.289 km
Ibukota : Manila
Benua : Asia
Keterangan : Negara yang masih bertetangga dengan Indonesia ini adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah Samudra Pasifik bagian barat di lepas pantai Asia Tenggara. Filipina memiliki 7.641 pulau, dan memiliki garis pantai sepanjang 36.289 km. Indentasi dari banyaknya pulau dan teluk di Filipina, membuat garis pantai di negara ini menjadi sangat tidak beraturan. Area pesisir pantai di negara ini merupakan pemukiman yang paling padat penduduknya.

NEGARA GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #6

JEPANG

Panjang Garis Pantai : 29.751 km
Ibukota : Tokyo
Benua : Asia
Keterangan : Negara yang terkenal akan keindahan pohon sakuranya ini merupakan negara kepulauan yang berpenduduk padat, serta berteknologi maju di kawasan lepas pantai Asia Timur. Tercatat, Jepang memiliki garis pantai sepanjang 29.751 km, dan memiliki 6.852 pulau. 4 Pulau utama di Jepang yaitu: Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. 4 pulau ini juga merupakan wilayah yang paling signifikan dalam perkembangan ekonomi di negara Jepang. Tertarik ke Jepang?


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #7 

AUSTRALIA

Panjang Garis Pantai : 25.760 km
Ibukota : Canberra
Benua : Oceania
Keterangan : Negara yang terkenal akan hewan kanggurunya ini merupakan negara kepulauan di Oceania, yang memiliki garis pantai sepanjangnya 25.760 km. Garis pantai negara ini melintasi kawasan Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Antartika. Jika kita perhatikan, landscape garis pantai di negara ini cukup beragam, mulai dari pantai berpasir yang indah, rawa-rawa bakau, termasuk jajaran tebing berbatu yang sangat otentik dan unik. Jadi pengen kesana..


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #8 

NORWEGIA

Panjang Garis Pantai : 25.148 km
Ibukota : Oslo
Benua : Eropa
Keterangan : Kerajaan Norwegia, sebagian besarnya terletak di kawasan bagian barat Semenanjung Skandinavia dan termasuk pulau Jan Mayen serta kepulauan Svalbard di Samudra Arktik. Norwegia memiliki garis pantai yang sangat tidak teratur sepanjang 25.148 km. Garis pantai Norwegia menjorok dengan banyak teluk serta pulau pulau di sepanjang pesisir pantainya. Mayoritas penduduk Norwegia bermukim di sepanjang pesisir pantai. Menarikkan? 


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #9 

AMERIKA SERIKAT

Panjang Garis Pantai : 19.924 km
Ibukota : Washington D.C
Benua : Amerika Utara
Keterangan : Negara Paman Sam ini adalah salah satu negara terbesar di dunia yang terdiri dari 50 negara bagian, lima wilayah utama, serta beberapa wilayah kecil lainnya. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 19.924 km. Diperkirakan, garis pantai negara ini melintasi wilayah Samudra Atlantik di bagian timur, dan Samudra Pasifik di bagian barat, Samudra Arktik di bagian utara Alaska, serta Teluk Meksiko ke arah barat daya. Luas juga yah? 


Garis Pantai Terpanjang di Dunia #10 

NEW ZEALAND

Panjang Garis Pantai : 15.134 km
Ibukota : Wellington
Benua : Oseania
Keterangan : Di urutan terakhir, negara dengan garis pantai terpanjang dalam daftar kita kali ini yaitu New Zealand atau dikenal juga dengan nama Selandia Baru. Negara ini memiliki panjang garis pantai dengan estimasi 15.134 km. Norwegia merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan barat daya samudra pasifik. Mayoritas penduduk di Norwegia bermukim di wilayah pesisir pantai. Kayak apa yah pantainya?

NEGARA GARIS PANTAI TERPANJANG DI DUNIA

10 negara diatas, sampai saat ini masih tercatat sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Dan Indonesia, ternyata masuk kedalam daftar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia di urutan kedua. Mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini. Sampai jumpa.

By : Ilmu Pengetahuan