Fungsi Ilmu Pengetahuan

Fungsi Ilmu Pengetahuan

Master
Friday, April 19, 2019

fungsi ilmu pengetahuan
Ilmu Pengetahuan - Pixabay


Fungsi Ilmu Pengetahuan

Berbicara mengenai ilmu pengetahuan merupakan sebuah hal yang sangat menarik bagi sebagian orang. Banyak manusia merasa bahwa ilmu pengetahuan dapat memberikan kepuasan didalam hatinya, membuatnya tenang, dan masih banyak lagi. Pada pembahasan singkat kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan menekankan topik terkait fungsi ilmu pengetahuan di dunia kita saat ini. Langsung saja, simak penjelasan kita terkait ilmu pengetahuan dibawah ini.


Penjelasan Seputar Fungsi Ilmu Pengetahuan


Fungsi Pertama

Ilmu pengetahuan memiliki fungsi sebagai sesuatu yang dapat meyakinkan. Mari kita fikirkan bersama, bukankan salah satu tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk mengeksplorasi hukum dasar dan prinsip di dunia ini, alam semesta dan diri kita sendiri. Melalui ilmu pengetahuan, kita dapat menemukan esensi internal dari begitu banyak persoalan dan fenomena yang ada disekitar kita. Dengan ilmu pengetahuan, kita mampu mengatasi rasa takut terhadap hal hal yang tidak kita ketahui sebelumnya.


Fungsi Kedua

Fungsi ilmu pengetahuan lainnya adalah mampu mengacaukan sesuatu yang telah lama ada didalam fikiran seseorang. Terutama beberapa kebiasaan adat tradisional maupun rutinitas konvensional yang telah lama dilakukan seseorang. Sebagai contoh persoalan, kita bisa melihat bagaimana marah dan kesalnya seorang anak kecil ketika diberitahu bahwa manusia normal tidak bisa berubah menjadi spiderman hanya karena digigit oleh seekor laba laba, padahal si anak sudah sangat yakin sebelumnya bahwa kejadian yang dialami spiderman dapat diwujudkan juga kepada dirinya. Oleh karenanya, terkadang ilmu pengetahuan dapat meningkatkan keyakinan seseorang terhadap sesuatu hal, namun tidak jarang ilmu pengetahuan dapat membuat seseorang marah sekaligus merasa kesal.


Fungsi Ketiga

Dengan adanya ilmu pengetahuan, hal ini memungkinkan kita untuk mengembangkan teknologi baru, memecahkan masalah praktis, dan membuat keputusan secara tepat berdasarkan informasi - baik secara individu maupun secara kolektif.


Fungsi Keempat

Fungsi ilmu pengetahuan berikutnya yaitu membuka jalan kepada cabang cabang pengetahuan dan penemuan baru. Sebagai contoh; penemuan struktur DNA merupakan terobosan mendasar dalam ilmu pengetahuan biologi. Dengan ilmu pengetahuan ini, manusia dapat membentuk dasar dasar penelitian lainnya, yang pada akhirnya akan mengarahkan dan membuka jalan pada berbagai penemuan baru, seperti : sidik jari DNA, tes untuk penyakit genetik, serta tanaman rekayasa genetika.


Fungsi Ilmu Pengetahuan Dalam Tinjauan Religi

Ilmu pengetahuan tentu tidak sebatas perkara duniawi saja. Hal hal yang terkait dengan unsur keagamaan juga termasuk merupakan bagian dari ilmu pengetahuan, bahkan lebih mulia dan tinggi derajatnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi / manfaat ilmu pengetahuan terkait dengan agama.

Fungsi #1 (Memahami Tujuan Penciptaan Manusia)

Dengan ilmu pengetahuan yang lurus, seseorang akan mengetahui hakikat dan tujuan penciptaan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Sebagai contoh; Seseorang yang tidak mengetahui ilmu pengetahuan syari, maka akan sulit baginya memahami tujuan dari penciptaan manusia di alam semesta ini. Namun bila seseorang memiliki ilmu pengetahuan  tersebut, ia akan memahami, bahwa tujuan dari penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah semata.


Fungsi #2 (Mengangkat Derajat Orang Orang Yang Berilmu)

Ilmu pengetahuan tidak hanya mencerdaskan manusia, lebih dari itu, ilmu pengetahuan khususnya syari, akan meninggikan derajat dan memuliakan seseorang di mata Sang Pencipta. Hal ini sebagaimana dijelaskan didalam Alquran: "Allah akan mengangkat derajat orang orang yang beriman diantara kalian, dan orang orang yang diberikan ilmu (syari). (QS: Al-Mujadalah ayat 11).


Fungsi #3 (Mengajarkan Manusia Untuk Lebih Banyak Bersyukur)

Salah satu fungsi ilmu pengetahuan syari adalah membangkitkan kesadaran seseorang untuk lebih bersikap religius, dan lebih banyak bersyukur dalam menjalani kehidupan. Ilmu pengetahuan syari akan mengingatkan manusia akan ayat ayat Allah, hadits hadits baginda Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa telah begitu banyak nikmat yang telah diterima manusia, namun kebanyakan manusia lalai untuk mensyukurinya.


Fungsi Ilmu Pengetahuan 

Pada dasarnya, ilmu pengetahuan dapat berupa banyak hal, mulai dari hal hal yang sederhana, sampai kepada hal hal yang rumit dan memerlukan data riset secara ilmiah. Namun inti dari semua itu, ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang seharusnya memberi manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh alam semesta. Karena bukanlah sesuatu dikatakan sebagai ilmu pengetahuan bila hal tersebut justru membawa kehancuran. Sekian pembahasan kali ini seputar fungsi ilmu pengetahuan.

By : Ilmu Pengetahuan