5 Fakta Unik Dunia Yang Jarang Diketahui

5 Fakta Unik Dunia Yang Jarang Diketahui

Master
Saturday, April 20, 2019

Fakta unik dunia
Pexels.com
Fakta Unik Dunia - Kita berjumpa lagi di Ilmu Pengetahuan. Situs yang berisikan ilmu, mencerdaskan bangsa, menebarkan manfaat dan menghapus kejahilan. Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita saksikan bersama, kita akan membahas seputar fakta fakta unik yang ada di dunia ini. Dan tentunya, akan menambah daftar ilmu pengetahuan kita. Namun sebelumnya, saya berterima kasih kepada para pembaca yang masih memelihara semangat belajarnya, karena pada hakikatnya, tidak ada istilah batasan usia dalam belajar, dan tidak ada istilah cukup dalam menuntut ilmu. Semakin kita banyak membaca, maka akan semakin haus pula kita akan ilmu pengetahuan.

5 Fakta Unik Dunia Yang Jarang Diketahui

1. Fakta Unik Laut Mati

Bila kamu belum mengetahui apa itu Laut Mati, Laut Mati adalah sebuah tempat yang membujur di daerah antara Israel dan Yordania. Laut ini memiliki sebuah fakta unik yang cukup menarik. Dimana Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan kedalaman 417,5 m di bawah permukaan laut!
Fakta unik dunia
Wikipedia

Selain itu, Danau Laut Mati memiliki kadar keasinan air mencapai 33%. Maka tak heran banyak wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengapung di laut itu. Karena kadar keasinannya itu, hampir tidak mungkin makhluk hidup bertahan di dalam Danau Laut Mati. Namun begitu,   sejumlah jenis bakteri tertentu masih mampu bertahan di danau tersebut. Dan sekedar informasi, lumpur Danau Laut Mati sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit kulit.


5 Fakta Unik Mengenai Laut Mati Hingga Atacama


2. Fakta Unik Benua Antartika

Fakta unik dunia berikutnya adalah mengenai salah satu benua di planet bumi, yang terkenal akan suhunya yang dingin. Benar, apalagi kalau bukan benua antartika. Benua ini memiliki sebuah keunikan yang luar biasa untuk dipelajari. Tahukah kamu, bahwa benua antartika telah diselimuti es selama 35 juta tahun.  Dan uniknya, meski benua ini diselimuti oleh es selama berjuta juta tahun, benua ini memiliki sejumlah gunung berapi, namun tidak satupun yang aktif.
Fakta unik dunia
Wikipedia

Benua ini memiliki sejumlah Puncak yang cukup tinggi, dan puncak tertinggi di benua ini adalah Vinson massif, dengan ketinggian sekitar 4897 m. Meskipun manusia telah mendekati benua antartika sejak tahun 1820, Para penjelajah baru memulai ekspedisi daratan pada tahun 1990-an. Kehidupan yang sangat keras di benua antartika ternyata telah merenggut banyak nyawa. Diperkirakan, lebih dari 200 ilmuwan dan peneliti telah meninggal selama 45 tahun terakhir!


3. Fakta Unik Hutan di Rusia

Keberadaan hutan berperan sangat penting sebagai penyangga ekosistem yang paling vital di bumi. Apabila hutan mengalami kerusakan, maka secara perlahan bumi akan mengalami pemanasan global karena naiknya kadar CO2 yang mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem. Selain Indonesia, terdapat negara lain yang terkenal akan hutan luasnya dan menyumbang banyak oksigen bagi planet bumi. Hutan tersebut berada di Rusia.
Fakta unik dunia
Wikipedia

Diperkirakan, luas hutan yang dimiliki negara Rusia mencapai 289 juta hektar hutan perawan, di mana separuhnya terletak di 5 wilayah Siberia dan daerah Timur. Tidak jauh berbeda dengan negara kita Indonesia, illegal logging atau yang lebih dikenal dengan penebang hutan liar, ataupun pencuri kayu negara, juga marak terjadi di negara ini. Bahkan, apabila hal ini tidak segera ditanggulangi, tentu akan mengancam kondisi ekosistem dunia.


4. Fakta Unik "Tempat Terbasah Di Dunia"

Kalau berbicara tempat terkering di dunia, mungkin semua akan membayangkan wilayah gurun yang kering dengan curah hujan yang sangat rendah. Tapi bagaimana, jika anda ditanya mengenai tempat terbasah di dunia? Adalah Cherrapunji, sebuah tempat yang diberi nama "tempat terbasah di dunia" ( the wettest place in the world) yang ternyata sangat kontradiksi dengan sebutannya tersebut.  Cherrapunji terletak 1290 m diatas permukaan laut dan menerima curah hujan rata-rata per tahun, sekitar 1270 cm. Namun, Curah hujan yang tinggi tersebut tidak serta merta membuat daerah itu memiliki banyak persediaan air. Loh?
Fakta unik dunia
Wikipedia

Perlu diketahui, Apabila tidak sedang musim hujan atau kerap disebut dengan monsoon season, maka saat itu, intensitas hujan yang tinggi diakibatkan oleh angin yang disebut Monsoon yang membawa butir-butir air yang sangat banyak. Oleh karena itulah, cherrapunji menjadi daerah yang sangat kekurangan air. Hal itu disebabkan kerusakan hutan di areal tersebut, sehingga air yang datang tidak bisa diikat di dalam tanah. Begitulah kira kira.


5. Fakta Unik Suhu Terpanas Di Bumi

Belakangan ini, suhu di kota Medan kian meningkat dan membuat tubuh selalu merasa gerah dan berkeringat. Namun jika sedikit direnungi, suhu di tempat tinggal saya (kota medan) masih belum ada apa apanya dibandingkan suhu di wilayah El Azizia. Pasalnya wilayah daratan El Azizia tercatat sebagai wilayah  terpanas di dunia. Suhu terpanas di bumi yang pernah tercatat dan terjadi di wilayah El Azizia, Sahara - mencapai 57,8 derajat celcius. Fenomena alam ini terjadi pada tanggal 13 September 1922. Angka tersebut dicatat oleh stasiun Meteorologi setempat. Suhu tertinggi sebelumnya yaitu mencapai 56,7 derajat Celcius atau 134 derajat Fahrenheit berada di Death Valley,  California pada tanggal 10 Juli 1913. Dan dari tanggal 6 Juli - 17 Agustus 1917 selama 43 hari berturut-turut, suhu di wilayah Death Valley berada diatas 48 derajat Celcius atau sekitar 120 derajat Fahrenheit. Uniknya, meskipun suhu di Death Valley sangat ekstrim, namun yang menjadi wilayah paling kering di dunia justru berada di area gurun pasir atacama, yang justru memiliki kandungan air cukup banyak. Di tempat ini, curah hujan rata-rata per tahun hanya sebesar 0,01 cm.
Fakta unik dunia
Wikipedia

Dan sebuah fakta unik yang sangat mengejutkan adalah beberapa lokasi di gurun pasir atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun!! Namun sejumlah fakta baru mengatakan, bahwa tempat paling kering di dunia justru berada di Benua Antartika, yang di mana terakhir kali benua ini menerima Curah hujan adalah beberapa juta tahun yang lalu!! Maa syaa Allah! Baca Juga : 25 Julukan Negara di Dunia


Ada banyak sekali fakta unik di dunia ini yang belum kita ketahui, dan membacanya tentu akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita. Sekian pembahasan kita kali ini,semoga bermanfaat.

By: Ilmu Pengetahuan