DAFTAR SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

10 SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA
Sungai terpanjang di Indonesia

DAFTAR SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

Ada yang tidak pernah main di sungai? Saya yakin, hampir semua dari kita yang membaca tulisan ini sudah pernah merasakan sensasi yang namanya bermain air di sungai. Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kami telah menyusun daftar nama sungai terpanjang yang ada di Indonesia, yang tentunya akan menambah koleksi wawasan dan pengetahuan para pembaca dimana pun anda berada. Baca Juga : Mengenal Indonesia Lebih Dalam.

Untuk menghemat ruang dan waktu kita, mari langsung saja kita simak, daftar nama sungai terpanjang di Indonesia selengkapnya dibawah ini : 

#SUNGAI TERPANJANG PERTAMA

Sungai Kapuas

Di posisi pertama, yang masuk dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas. Sungai Kapuas atau yang juga dikenal dengan nama sungai batang lawai ini terletak di provinsi Kalimantan Barat. Panjang sungai kapuas diperkirakan mencapai 1.143 km, dan menjadi sungai terpanjang di Kalimantan Barat, sekaligus sungai terpanjang di Indonesia. 
Adapun asal usul nama Sungai Kapuas ini di ambil dari nama daerah Kapuas Hulu. Sedangkan mereka yang menyebut sungai ini dengan sebutan Sungai Batang Lawai, merujuk pada daerah Kabupaten Melawi. Sebelumnya, Sungai ini merupakan habitat yang sangat baik bagi 700 spesies ikan, akan tetapi, belakangan ini kondisi Sungai Kapuas telah tercemari oleh logam berat dan beragam limbah yang secara masif merusak ekosistem sungai dan sekitarnya.

SUNGAI TERPANJANG KEDUA

Sungai Mahakam

Di urutan kedua, sungai terpanjang di Indonesia ditempati oleh Sungai Mahakam. Sungai ini berada di wilayah Kalimantan Timur, dengan perkiraan panjang sekitar 920 km. Bukan hanya sebagai sumber air bagi masyarakat, keberadaan Sungai Mahakam juga merupakan faktor pendukung transportasi bagi masyarakat diwilayah tersebut. DAS (Daerah aliran sungai) Mahakam terletak tepat di jalur garis Katulistiwa. Didalam sungai ini juga terdapat ratusan spesies ikan yang merupakan penghuni asli dari ekosistem Sungai Mahakam. 
Sungai Mahakam yang membentang sepanjang 920 km, tentu telah banyak memisahkan beberapa daerah antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, dibangunlah beberapa jembatan guna menghubungkan daerah daerah yang telah terpisah oleh Sungai Mahakam tersebut. Dan diantara jembatan yang paling populer yang melintasi badan dari Sungai Mahakam adalah :
  • Jembatan Mahakam
  • Jembatan Mahakam Ulu
  • Jembatan Aji Tulur Jejangkat
  • Jembatan Kutai Kartanegara

SUNGAI TERPANJANG KETIGA

Sungai Barito

Di urutan ke3, dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia ada Sungai Barito. Sungai ini terletak di dua provinsi sekaligus, yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sungai ini memiliki panjang lebih kurang 909 km dan lebar sekitar 650 – 1000 m. Semenjak zaman dahulu, eksistensi Sungai Barito di Kalimantan Selatan bukan hanya sebagai prasarana yang menunjang transportasi antar wilayah, lebih dari itu, Sungai Barito telah menjadi urat nadi perekonomian Kalimantan Selatan, karena telah mampu menjadi media distribusi barang, hampir keseluruh wilayah provinsi di Kalimantan Selatan. Sekarang lanjut ke no 4.

SUNGAI TERPANJANG KEEMPAT

Sungai Batanghari

Sungai ini juga dikenal dengan sebutan Sungai Hari. Letaknya berada di provinsi Sumatra Barat dan Jambi. Sejauh ini kami perkirakan panjang Sungai Batanghari sekitar 800 km dan merupakan sungai yang memiliki DAS terbesar kedua di Indonesia dengan cakupan wilayah sekitar ± 4.9 juta Hektar. Namun sayang, belakangan ini kondisi alam disekitar Sungai Batanghari mengalami perubahan yang negatif. Dimana hal ini merupakan dampak dari pertambangan dan ekploitasi hutan disekitar Sungai Mahakam, sehingga terjadi perubahan alur arus sungai yang berakibat sungai lebih cepat meluap saat hujan, namun lebih cepat mengering saat kemarau. Ini PR bagi kita semua agar menjaga alam lebih baik lagi, khususnya sungai. 

SUNGAI TERPANJANG KELIMA

Sungai Musi

Posisi kelima, Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Musi. Kepopuleran sungai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Mungkin diantara faktor yang membuat sungai ini dikenal oleh masyarakat Indonesia dikarenakan Jembatan Ampera yang terbentang diatasnya. Sungai Musi berada di provinsi Sumatra Selatan dan memiliki panjang lebih kurang 750 km, dengan cakupan wilayah DAS (daerah aliran sungai) sekitar 402 km². 
Sungai ini sangat terkenal sebagai objek wisata, khususnya di wilayah kota Palembang. Terdapat beberapa objek wisata pendukung disekitar Sungai Musi, yang membuat para pengunjung semakin nyaman untuk menikmati keindahan Sungai Musi, terlebih lagi saat di malam hari. Dan diantara objek wisata pendukung yang kami maksud adalah
  • Jembatan Ampera
  • Sungai Gerong
  • Bagus Kuning
  • Pasar 16 Ilir
  • Kampung Kapitan
  • Kampung Arab
  • Restoran terapung Riverside
  • Restoran terapung Warung Legenda
  • Rumah Rakit
  • Benteng Kuto Besak
  • Pulau Kemaro

SUNGAI TERPANJANG KEENAM

Sungai Mamberamo

Sungai terpanjang keenam dalam daftar kita kali ini berada di provinsi Papua. Diperkirakan panjang sungai ini mencapai 670 km, yang berhulu di Pegunungan Jayawijaya dan bermuara disekitar wilayah Samudera Pasifik. Disekitar area Sungai Mamberamo terdapat beragam spesies hewan endemik, seperti : tikus pohon kecil, walabi kecil dan kelelawar kembang baru. Tidak hanya itu, disekitar area Sungai Mamberamo juga terdapat lebih dari 140 jenis spesies burung, dan diantaranya adalah burung yang sudah sangat terkenal akan keindahan bulunya, yaitu Cendrawasih. Lanjut no 7.

SUNGAI TERPANJANG KETUJUH

Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo menempati posisi ketujuh dalam daftar kita kali ini, namun, sungai ini merupakan sungai terpanjang pertama di Pulau Jawa. Sungai ini terletak di dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Panjang sungai diperkirakan mencapai 548,53 km. Sebagian air dari Sungai Bengawan Solo di alihkan oleh Bendungan Gajah Mungkur. Dan diantara manfaat yang bisa diperoleh dari pembangunan Bendungan Gajah Mungkur adalah menghasilkan aliran listrik, memasok air bersih ke Wonogiri, membantu irigasi persawahan Sukoharjo, Klaten, Karanganyar, dan Sragen. Lanjut no 8.

SUNGAI TERPANJANG KEDELAPAN

Sungai Brantas

Tidak banyak informasi yang bisa kita hadirkan mengenai Sungai Berantas. Sungai merupakan sungai terpanjang ke8 dalam daftar kita kali ini. Secara geografis sungai ini berada di Provinsi Jawa Timur, dan memiliki panjang sekitar 525 km, dengan DAS/daerah aliran sungai seluas 11.800 km².

SUNGAI TERPANJANG KESEMBILAN

Sungai Digul

Sungai ini berada di Provinsi Papua, Indonesia, dan merupakan sungai terpanjang kesembilan didalam daftar kita kali ini. Diperkirakan panjang sungai ini mencapai 525 km. Dan secara geogerafis, iklim di sekitar wilayah sungai digul berada pada angka rata rata 22 derajat celcius, dengan curah hujan rata rata sekitar 3072 mm dalam setahun.

SUNGAI TERPANJANG KESEPULUH

Sungai Indragiri

Panjang sungai ini tidak berbeda dengan sungai ke 8 dan ke 9, namun Sungai Indragiri kita posisikan pada no urut kesepuluh. Sungai ini memiliki nama lain yaitu sungai Batang Kuantan. Secara geografis, letak sungai ini berada di dua Provinsi sekaligus, yaitu: Sumatra Barat dan Riau. Hulu dari sungai ini berada di wilayah Danau Singkarak, Sumatra Barat, adapun letak hilir dari Sungai Indragiri berada di kabupaten Indragiri Hilir. Sungai ini adalah sungai terpanjang ke 10 di Indonesia, yang sekaligus menutup pembahasan kita kali ini. 

10 SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

Baru saja kita membahas mengenai daftar sungai terpanjang di Indonesia. Kami mohon maaf bila hanya menampilkan 10 daftar sungai, berhubung keterbatasan waktu yang kami miliki. Semoga artikel ini menambah ilmu pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih.

By : Ilmu Pengetahuan