Daftar Buah Populer Dunia – Ilmu Pengetahuan

 

Daftar Buah Populer Dunia
Daftar Buah Populer Dunia

Daftar Buah Populer Dunia – Buah-buahan merupakan bagian penting dari komposisi makanan manusia, sebab dengan buah buahanlah kita mendapatkan asupan vitamin dan beragam nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari buah, membuat konsumsi pangan yang satu ini terus meningkat selama bertahun tahun. Tingkat konsumsi buah ini pun sangat bervariasi di masing masing negara di penjuru dunia. Sebagian buah bisa jadi populer di suatu negara, namun belum tentu buah tersebut juga populer di negara lainnya (seperti : Durian). Dan pada kesempatan kali ini, sperti judul yang sudah kita lihat. Kita akan menghadirkan beberapa daftar buah yang bukan hanya populer di satu negara saja, akan tetapi buah buah ini juga populer hampir di seluruh belahan dunia. Untuk itu, mari kita simak bersama penjelasan selengkapnya dibawah ini. (Baca Juga : Makanan Yang Buruk Untuk Kulit)

 

Daftar Buah Populer Dunia

 

1. Tomat

Daftar Buah Populer Dunia di Posisi Pertama Adalah Tomat. Meskipun buah ini dianggap sebagai sayuran dalam komunitas kuliner, namun bagi deskriptor botani / ilmiah buah dan sayuran, tomat diklasifikasikan sebagai buah. Berpegang pada definisi tersebutlah, dapat kita simpulkan, bahwa tomat adalah buah yang memegang gelar juara sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini! Bahkan, tomat dianggap sebagai pangan “Wajib Punya” di sebagian besar rumah tangga di seluruh dunia. Diperkirakan, produksi tahunan tomat saat ini telah mencapai 170,75 juta ton. Tomat dapat diproduksi melalui pertanian normal, namun kebanyakan petani tomat membudidayakan melalui sistem irigasi dan rumah kaca. Tomat dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Bukan hanya itu saja, berton-ton tomat juga diolah untuk produksi industri saos, yang sebagian besarnya digunakan sebagai bahan campuran membuat pizza dan pasta. Ada tomat ga di kulkas kamu saat ini?

 

2. Pisang

Daftar Buah Populer Dunia yang Kedua Adalah Pisang. Hampir semua orang di dunia mengenal dan menyukai yang namanya buah pisang. Berdasarkan estimasi, konsumsi tahunan buah pisang saat ini telah mencapai angka 114,13 juta ton, dan biasanya buah ini dikonsumsi penduduk dunia dalam keadaan matang. Namun, dibeberapa belahan dunia, pisang yang mentah juga dikonsumsi dengan cara dimasak/diolah menjadi sebuah menu makanan yang lezat dan bergizi. Pisang tidak hanya di konsumsi dalam bentuk buah utuh, akan buah pisang juga sering digunakan sebagai bahan campuran cake untuk menambah citarasa buah pisang segar pada kue yang sedang dibuat. Jadi pengen makan bolu pisang.

 

3. Semangka

Daftar Buah Populer Dunia Ketiga Adalah Semangka. Buah ini bisa kita temui hampir di seluruh negara, konsumsi semangka tahunan di dunia saat ini diperkirakan mencapai 111 juta ton. Citarasa manis yang segar, ditambah nutrisi yang dikandung di dalamnya, tentu sangat wajar jika buah yang satu ini masuk dalam daftar buah paling populer di dunia. Buah semangka dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi ringan dan membutuhkan waktu relatif singkat, hanya beberapa bulan saja untuk bisa panen dan dinikmati.

 

4. Apel

Daftar Buah Populer Dunia Keempat Adalah Apel. Buah ini merupakan buah keempat yang paling diminati serta paling populer di seluruh dunia. Estimasi saat ini, ada sekitar 84,63 juta ton apel yang dikonsumsi manusia setiap tahunnya. Bukan hanya lezat, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang komplit untuk mendukung kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit yang disebabkan partikel radikal bebas. Sedikit berbeda dengan buah buah pada umumnya, buah ini tidak mudah tumbuh diseluruh negara. Adapun negara yang dikenal sebagai produsen apel saat ini adalah China, Turki, polandia dan Amerika Serikat. Indonesia ga masuk loh..!

 

5. Jeruk Bali Merah

Daftar Buah Populer Dunia yang Kelima Adalah Jeruk Bali Merah. Buah ini adalah salah satu buah paling populer serta paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini. Setidaknya ada sekitar 83,97 juta ton Jeruk Bali Merah yang dikonsumsi manusia setiap tahunnya. Bukan hanya rasanya yang nikmat, didalam buah ini juga terkandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Coba bayangkan, mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, serat, fosfor, pottasium, kalsium, mineral, zat besi, dan lain lain, terkandung didalam buah jeruk bali merah.

 

Daftar Buah Populer Dunia

Daftar buah populer lainnya yang biasa dikonsumsi di seluruh belahan dunia, seperti: anggur, mangga, jeruk, dan nanas. Sekitar tahun 2014 silam, Benua Asia berhasil memproduksi lebih dari 370 juta ton buah dalam kurun waktu setahun, Prestasi tersebut menjadikan benua asia sebagai wilayah pemasok buah paling banyak di dunia. Adapun Afrika, Amerika Selatan, dan wilayah Eropa masing-masing memproduksi 90 juta, 79 juta, dan 73 juta ton buah dalam satu tahun.

 

Daftar Buah Populer Dunia – Peringkat

  1. Tomat : 170.75 juta ton / tahun
  2. Pisang : 114.13 juta ton / tahun
  3. Semangka : 111 juta ton / tahun
  4. Apel : 84,63 juta ton / tahun
  5. Jeruk Bali Merah : 83.97 juta ton / tahun
  6. Anggur : 74.5 juta ton / tahun
  7. Jeruk : 70.86 juta ton / tahun
  8. Mangga : 45.23 juta ton / tahun
  9. Pisang raja : 30.67 juta ton / tahun
  10. Tangerines : 29,87 juta ton / tahun
  11. Pir : 25.8 juta ton / tahun
  12. Nanas : 25.44 juta ton / tahun

 

Daftar Buah Populer Dunia

Mungkin itu saja pembahasan yang bisa kita sampaikan kali ini, terkait Daftar Buah Populer Dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Jangan lupa, tetap upgrade informasi dan pengetahuanmu hanya di ilmu pengetahuan.id. Bye!

By : Ilmu Pengetahuan