7 Fakta Unik Hewan Yang Jarang Diketahui

7 Fakta Unik Hewan Yang Jarang Diketahui
Fakta Unik Hewan


Fakta Unik Hewan – Keberadaan aneka satwa yang ada di bumi ini merupakan anugrah yang sangat besar dari sang pencipta alam. Dengannya kita bisa menikmati bermacam hidangan hewani, atau bahkan memelihara beberapa hewan sebagai teman sekaligus hobby yang menyenangkan. Lebih dari itu, kita bisa melihat di banyak video dokumentasi bahwa hewan juga mampu menyelamatkan manusia dari ancaman marabahaya. Oleh sebab itu, kita patut bersyukur dengan itu semua. 

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang telah kita lihat, kita akan membahas mengenai 7 fakta unik hewan yang jarang diketahui manusia. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak bersama, penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Fakta Unik Hewan Yang Jarang Diketahui Manusia

Fakta Unik  Hewan #1

Ikan Badut

Bagi sebagian orang, nama ikan badut mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagi kebanyakan orang khususnya di Indonesia, wujud ikan badut masih samar samar entah seperti apa. Nah, buat temen temen yang belum tahu, ada sebuah fakta menarik mengenai ikan badut ini. Dimana hewan yang satu ini mempunyai fakta unik yaitu “Bisa berubah jenis kelamin”. Ga percaya? Dengerin yah..
Perlu diketahui, bahwa semua telur ikan badut yang menetas akan melahirkan ikan badut berjenis kelamin jantan. Lalu, apabila sang ratu mati atau menghilang, sang ikan badut jantan yang biasa menjadi wakil sang ratu, akan merubah jenis kelaminnya selama rentang waktu 2 minggu lebih kurang, untuk menjadi seekor Ikan badut betina (sekaligus ratu dikelompoknya). Setelah itu, sang ratu baru akan memilih ikan badut jantan paling perkasa untuk menjadi pendampingnya. Ini fakta unik pertama mengenai ikan transgender.

Lihat gambar ikan badut disini

Fakta Unik Hewan #2

Kadal Basilisk

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata “ninja”? Sosok yang disebut sebagai ninja, umumnya digambarkan sebagai sosok yang memiliki kemampuan luar biasa dalam banyak hal, khususnya dalam hal bertarung dan berperang. Namun, ada satu kemampuan yang konon dikatakan sebagai kemampuan khas para ninja, yaitu: berjalan diatas air. Tapi tahukah anda? Ternyata ada sebuah fakta unik, dimana seekor hewan mampu memiliki kemampuan legendaris yang diklaim merupakan kemampuan para ninja. Benar apalagi kalau bukan berjalan diatas air.

Salah satu spesies kadal, yaitu kadal basilisk, mempunyai kemampuan berjalan diatas air layaknya film ala ninja jepang. Kadal khas Amerika Tengah ini memiliki jaringan selaput di sela sela jarinya, sehingga mampu menciptakan media injakan yang lebih luas untuk berjalan diatas air. Keren kan?

Biasanya, kemampuan unik ini ia gunakan saat dirinya terancam bahaya. Seekor kadal basilisk muda mampu berjalan diatas air sejauh 10 hingga 20 meter. Wow.. Keren..

Lihat gambar kadal basilisk disini

Fakta Unik Hewan #3

Siput

Untuk hewan yang satu ini, bisa dipastikan masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan keberadaannya. Namun, mungkin sebagian diantara kalian heran mengapa siput bisa masuk dalam daftar 7 fakta unik hewan yang jarang diketahui manusia. Tahukah Anda, bahwa spesies siput memiliki kemampuan unik, dimana tubuh/badannya sangat kuat dan tahan terhadap goresan. Bayangkan saja, silet yang tajam sekalipun tidak mampu melukainya meski siput berjalan langsung diatas mata pisaunya. Namun, setelah dilakukan penelitian, ternyata kemampuan ini bisa didapatkan siput karena tubuhnya memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi, ditambah lagi, fungsi lendir pada permukaan tubuhnya membuat ia mampu berjalan diatas mata pisau tanpa harus mengalami luka sedikitpun. Maa syaa Allah!

Lihat gambar siput berjalan diatas silet disini

Fakta Unik Hewan #4

Kelelawar

Apakah Anda pernah melihat kelelawar? apakah kelelawar mempunyai mata? apakah matanya bisa melihat? Jawabannya “Tidak”. Inilah alasannya mengapa kelelawar kita masukkan kedalam daftar fakta unik hewan yang jarang diketahui. Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata kelelawar tidak mampu melihat sebagaimana biasanya hewan melihat. Mereka para kelelawar akan mengeluarkan gelombang suara berfrekuensi sangat tinggi (Ultrasonik), yang nantinya suara tersebut akan menyebar disekitar kelelawar dan menjadi radar untuk membaca skema lingkungan yang ada disekitarnya. Mulai dari pohon, gedung, tiang, manusia, tebing, kabel listrik, bahkan objek makanannya sekalipun akan terdeteksi dengan bantuan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang ia keluarkan.

Lihat gambar kelelawar disini

Fakta Unik Hewan #5

Kambing Gunung

Jika kita menemukan hewan karnivora memiliki kuku yang tajam tentu hal yang biasa. Tapi bagaimana, jika hewan yang berkuku tajam ini ternyata seekor hewan herbivora? Inilah fakta uniknya, Seekor kambing gunung adalah spesies kambing yang memiliki tanduk sekaligus kuku yang tidak biasa seperti kambing pada umumnya. Pinggiran kuku kambing gunung ternyata sangat tajam, dan memang didesain khusus agar dapat mendaki dan menapaki pinggiran tebing yang sangat curam. Baru tahu nih..

Lihat gambar kambing gunung disini

Fakta Unik Hewan #6

Kuda Laut Jantan

Jika di posisi nomor satu, kita punya ikan badut yang berganti jenis kelamin, di nomor 6 ini jauh lebih unik lagi. Dimana seekor kuda laut jantan, ternyata mampu mengandung, bahkan hingga melahirkan bayi kuda laut. Tentunya pernyataan ini bukan cuma isapan jempol belaka. Hal ini bisa terjadi, sebab saat terjadi proses reproduksi (kawin), sang kuda laut betina akan meletakkan lebih dari 1500 butir telur kedalam kantong sang kuda laut jantan. Proses ini sangat memungkinkan, sebab didalam kantong kuda laut jantan terdapat sebuah lapisan yang dipenuhi dengan pembuluh darah dari sang kuda laut jantan. Telur telur tersebut akan berada didalam perut sang pejantan selama lebih kurang 9 hingga 45 hari, hingga akhirnya embrio yang berada didalam kantong kuda laut jantan berubah menjadi sosok bayi kuda laut. Bagaimana, unik bukan? Kita lanjut ke fakta unik hewan yang terakhir.

Lihat gambar kuda laut disini

Fakta Unik Hewan #7

Salamander

Bagi yang belum mengenalnya, mungkin sekilas hewan ini akan tampak seperti kadal pada umumnya, tapi tahukah Anda? Ternyata salamander memiliki sebuah fakta yang sangat unik. Dimana hewan ini mampu mengobati dirinya sendiri, dengan tempo waktu yang sangat cepat. Hal ini bisa kita lihat saat salah satu anggota tubuh salamander terpotong, tidak memerlukan waktu berhari hari bagi salamander untuk meregenerasi organ tubuhnya yang terluka. Hal ini dikarenakan, spesies salamander memiliki kemampuan khusus, untuk meregenerasi jaringan sel tubuhnya dengan sangat cepat.

Lihat gambar salamander disini

Fakta Unik Hewan Yang Jarang Diketahui Manusia

Ada banyak sekali jenis makhluk ciptaan sang maha kuasa, dengan segala keunikan dan ciri khasnya masing masing, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kita ambil hikmah dan pelajarannya. Tetap semangat menuntut ilmu, jaga dan pelihara kebiasaan membaca, karena dengan membaca, kita dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk diri kita sendiri dan orang lain. Sampai jumpa.