25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA

25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA

Master
Thursday, April 11, 2019

25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA
Julukan Negara Negara Di Dunia

Masing masing negara di dunia pada umumnya memiliki panggilan, julukan, gelar atau pun predikat, yang biasanya julukan tersebut berangkat dari ciri khas yang dimiliki dari suatu negara tersebut. Berikut dibawah ini telah kami rangkum, 25 daftar negara di dunia lengkap dengan julukan dan alasan mengapa negara tersebut dipanggil dengan julukan tersebut.


25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA


1. Saudi Arabia

Julukan : Negara Minyak
Alasan : Salah satu alasan terkuat mengapa Arab Saudi mendapatkan julukan negara minyak adalah didalam negara ini terdapat perusahaan minyak terbesar di dunia Saudi Aramco. Ditambah lagi, negara Arab Saudi sangat kaya akan sumber daya alam minyak bumi.


2. Amerika Serikat

Julukan : Negara Paman Sam
Alasan : Munculnya julukan Paman Sam bagi negara Amerika Serikat berawal saat seorang yang bernama Samuel Wilson mengirimkan bertong tong daging pada tentara Amerika Serikat yang saat itu sedang berperang di tahun 1812. Pada tong tong yang berisi daging tersebut tertera tulisan "US" yang berarti United State. Akan tetapi, para tentara menyalah artikan tulisan "US" tersebut sebagai "Uncle Sam" yang berarti Paman Sam. Kejadian ini pun terdengar oleh Pers, hingga akhirnya kisah ini diangkat kedalam koran lokal, dan berujung diterimanya istilah "Paman Sam" sebagai julukan negara Amerika Serikat.


3. Australia

Julukan : Negeri Kangguru
Alasan : Sudah tidak diragukan lagi, alasan terkuat mengapa Australia mendapatkan julukan negeri kangguru disebabkan banyaknya jumlah hewan kangguru di negara tersebut. Bahkan, menurut beberapa sumber, jumlah kangguru di Australia lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk manusia di negara tersebut.


4. Belanda

Julukan : Negeri Kincir Angin
Alasan : Jika kamu berkunjung ke Belanda, kamu akan menemukan banyak sekali kincir angin di negara tersebut. Menurut beberapa sumber, awal mula maraknya pembangunan kincir angin di Belanda adalah saat negara tersebut ingin membangun bendungan di sekitar tepi pantai wilayah belanda. Dan kincir angin saat itu, berperan sebagai alat untuk mengalihkan air, saat proses pembangunan bendungan berlangsung.


5. Argentina

Julukan : Negeri Tango
Alasan : Julukan negeri tango yang disematkan pada Argentina berasal dari kepopuleran tarian tradisional tango khas negara tersebut.


6. Filipina

Julukan : Negara Lumbung Padi
Alasan : Julukan negara lumbung padi yang diterima Filipina, berasal dari kepopuleran bidang pertanian padi yang dimiliki negara tersebut. Hal ini terbukti, saat UNESCO meresmikan wilayah pertanian padi bukit di Filipina sebagai warisan dunia pada tahun 1995.


7. Cina / China

Julukan : Negeri Tirai Bambu
Alasan : Ada dua hal yang membuat negara ini mendapatkan julukan negeri Tirai Bambu. Pertama, negara China memiliki tanaman bambu berkualitas tinggi yang sangat kuat dan sulit untuk dipatahkan. Karakteristik bambu yang dimiliki negara China berbeda dari tanaman bambu pada umumnya. Kedua, negara Cina dikenal sebagai negara yang menganut faham sosialisme dan sangat tertutup dengan dunia luar (layaknya tirai yang menutupi). Oleh karena itulah, berdasarkan kombinasi dua ciri khas ini, negara Cina mendapatkan julukan negeri Tirai Bambu.


8. Brazil

Julukan : Negeri Samba
Alasan : Brazil mendapatkan julukan negeri Samba dikarenakan tarian khas yang dimiliki negara tersebut. Tarian Samba telah dikenal sebagai ikon dari negara Brazil, dan telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 2005.


Julukan : Zamrud Khatulistiwa
Alasan : Sama seperti Cina, ada dua hal yang membuat mengapa Indonesia mendapatkan julukan Zamrud Khatulistiwa. Pertama, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Kedua, alam Indonesia dimata dunia telah dikenal akan keindahannya. Baik itu karena keindahan pantainya, pegunungannya, flora dan faunanya, dan alam Indonesia secara keseluruhannya. Keindahan alam inilah yang membuat Indonesia di gelari layaknya batu Zamrud. Maka jadilah istilah julukan Zamrud Khatulistiwa.


10. Bulgaria

Julukan : Negeri Kuntum Mawar
Alasan : Julukan negeri Kuntum Mawar yang disematkan pada Bulgaria berasal dari kepopuleran negara ini dalam memproduksi minyak bunga mawar berkualitas tinggi dan termahal di dunia. Minyak ini nantikan akan difungsikan sebagai campuran parfum berkualitas tinggi.


11. India

Julukan : Negara Anak Benua
Alasan : Sebagian besar negara di wilayah Asia Selatan umumnya memiliki lempeng tektoniknya masing masing, begitu pula India. Negara ini memiliki lempeng tektonik India yang terpisah dari lempeng Eurasia. Dan perlu diketahui, sebelumnya lempeng tektonik India merupakan benua kecil, hingga akhirnya lempeng tersebut bertemu dengan lempeng Eurasia. Itulah alasan, mengapa negara ini mendapatkan julukan negara Anak Benua. 


12. Inggris

Julukan : The Black Country
Alasan : Julukan The Black Country atau Negara yang Hitam berasal dari kepopuleran negara Inggris sebagai negara industri dunia. Dan dua wilayah industri paling terkenal di Inggris, yaitu : Birmingham dan Sheffield merupakan salah satu faktor mengapa negara ini dijuluki sebagai The Black Country, dimana udara pada kedua kota tersebut selalu berwarna hitam disebabkan pekatnya asap industri dari wilayah tersebut.


13. Irak

Julukan : Negeri 1001 Malam
Alasan : Julukan Negeri 1001 Malam bagi negara Irak berasal dari sebuah kejadian. Namun sebelumnya perlu diketahui, bahwa Irak dahulunya merupakan bagian dari wilayah kerajaan Persia. Kembali ke topik. Sebenarnya asal muasal dari julukan Negeri 1001 malam bermula saat istri dari salah seorang sultan di wilayah Persia yang bernama Raja Syahriar terciduk sedang berselingkuh. Hingga akhirnya sang Raja memutuskan untuk menghukum pancung sang istri dan pasangan selingkuhnya. Akan tetapi, sebelum dihukum, sang istri meghadiahkan sebuah cerita setiap malamnya kepada sang raja. Namun ada sesuatu hal, dimana sang istri sengaja membuat cerita yang disampaikannya "menggantung" setiap malam,  sehingga memaksa sang raja untuk mendengarkan cerita kelanjutannya di malam berikutnya. Kelihaian sang istri bercerita membuat sang raja menyimak kisah tersebut hingga 1001 malam. Inilah awal mula, mengapa negara ini di juluki negeri 1001 Malam.


14. Italia

Julukan : Negara Spaghetti
Alasan : Julukan negara ini diambil berdasarkan kuliner khas dari negara tersebut, yaitu Spaghetti. 


15. Jepang

Julukan : Negeri Matahari Terbit
Alasan : Negara Jepang sering disebut dengan kata "Nihon" atau "Nippon" (dalam bahasa resmi). Kata "Nippon" dan "Nihon" itu sendiri memiliki makna /arti yang sama, yaitu : Negara Matahari Terbit. Itulah alasannya, mengapa negara ini disebut dengan julukan Negara Matahari Terbit.


16. Jepang

Julukan : Negeri Sakura
Alasan : Selain julukan Negeri Matahari Terbit, Jepang juga dijuluki sebagai Negeri Sakura karena pohon khas yang dimiliki oleh negara tersebut. Kepopuleran pohon sakura telah tersebar ke seluruh belahan dunia karena keindahannya.


17. Korea Selatan

Julukan : Negeri Ginseng
Alasan : Julukan Negeri Ginseng bagi Korea Selatan berasal dari kepopuleran budidaya tanaman ginseng di negara tersebut. Masyarakat Korea Selatan biasa mengkonsumsi ginseng dalam berbagai bentuk olahan, baik itu masakan, teh, dan lain lain.


18. Malaysia

Julukan : Negeri Jiran
Alasan : Jika merujuk pada KBBI, definisi jiran adalah orang yang tinggal bersebelahan, atau dekat sekitar rumah, atau juga tetangga. Negara Malaysia mendapatkan julukan Negeri Jiran dimata Indonesia karena terletak dekat dan bersebelahan dengan negara kita Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia dan Malaysia masih berada dalam satu rumpun.


19. Kamboja

Julukan : Hell on Earth
Alasan : Berawal dari kisah pembantaian 2 juta ummat manusia di kamboja oleh rezim Khmer Merah pada tahun 1970-an. Dimana para intelektual negara tersebut dan penduduk lainnya di musnahkan tanpa belas kasihan. Kejadian tersebut pun menggerakkan hati negara Vietnam, dengan menyerbu Kamboja untuk menghentikan aksi genosida di negara tersebut. Inilah alasannya, mengapa Kamboja mendapatkan julukan Hell on Earth "NERAKA DI DUNIA".


20. Singapura

Julukan : Negeri 1001 Larangan
Alasan : Sebenarnya penggunaan kata "1001 larangan" hanyalah simbol kiasan dari ketatnya aturan yang diterapkan di negara Singapura. Dan salah satu aturan yang paling "unik" dan populer dimata dunia adalah larangan memakan permen karet di Singapura. Benar! mengkonsumsi permen karet tanpa surat rekomendasi dari dokter di Singapura adalah perbuatan Ilegal dan akan mendapatkan sangsi jika melanggar. Contoh aturan seperti inilah yang membuat negara Singapura mendapatkan julukan Negeri 1001 Larangan.


21. Myanmar
Julukan : Negeri Tanah Emas
Alasan : Julukan Negeri Tanah Emas bagi Myanmar berangkat dari kekayaan alam yang dimiliki negara tersebut. Mulai dari minyak bumi, gas alam, tembaga, timah, perak tungsen, safir, zamrud, mirah, dan giok, terkumpul didalam wilayah bumi Myanmar. Kekayaan alam itulah yang membuat negara ini dijuluki sebagai Negeri Tanah Emas.


22. Nepal
Julukan : Negeri 1000 Kuil
Alasan : Negara ini terkenal akan kompleks Kuil Hindu Buddha yang dimilikinya. Setidaknya, di Lembah Kathmandu terdapat 7 kompleks Kuil Hindu Buddha yang telah berusia ribuan tahun lamanya. Belum lagi, di tiap tiap kompleks kuil, setidaknya terdapat puluhan hingga ratusan candi, mulai dari berukuran kecil hingga besar. Banyaknya jumlah kuil di Nepal inilah, yang membuat negara ini mendapatkan julukan Negeri 1000 Kuil.


23. Prancis

Julukan : Kota Mode
Alasan : Di negara ini telah berdiri pusat industri mode tersohor di dunia, yang meliputi desain, produksi, ritel, ajang pameran, serta perdagangan. Itulah alasannya, mengapa negara ini mendapatkan julukan Kota Mode di mata dunia


24. Selandia Baru

Julukan : Negeri Kiwi
Alasan : Tidak jauh berbeda dengan kondisi di Australia. Alasan mengapa Selandia Baru mendapatkan julukan Negeri Kiwi adalah hewan khas yang hidup di negara tersebut. Benar! di negara tersebut terdapat spesies unik burung yang bernama Burung Kiwi. Burung ini tidak bisa terbang layaknya burung pada umumnya. Oleh karena itu, penyebaran populasi burung ini sangat terbatas di wilayah Selandia Baru saja. Hal inilah yang membuat burung kiwi menjadi fauna khas dan menjadi ikon wajah dari negara tersebut.


25. Yunani

Julukan : Negeri Peradaban
Alasan : Sebagai negara tertua di dunia, tentu wajar jika Yunani mendapatkan julukan Negeri Peradaban. Sebab negara mana lagi yang memiliki riwayat sejarah lebih panjang dibandingkan negara tertua di dunia, yaitu Yunani. 


Tambahan

Dibawah ini adalah daftar tambahan dari julukan negara negara yang ada di dunia. Sebagian negara memiliki julukan lebih dari satu karena kepopulerannya yang sangat tinggi.

Negara : Amerika Serikat
Julukan : Negara Super Power


Negara : Taiwan
Julukan : Negeri Yang Sunyi


Negara : Cina
Julukan : Negeri Tembok Raksasa, Negeri Panda


Negara : Afrika
Julukan : Negeri Benua Hitam


Negara : Tibet
Julukan : Negeri Atap Benua


Negara : Nepal
Julukan : Negeri 1000 Dewa


Negara : Timor Leste
Julukan : Bumi Loro Sae


Negara : Laos
Julukan : Tanah Yang Terkunci


Negara : Belanda
Julukan : Negeri Tulip


Negara : United Kingdom
Julukan : Negeri Matahari yang Tak Pernah Tenggelam


Negara : Skandinavia
Julukan : Negeri Peri


Negara : Iran
Julukan : Negeri Para Mullah


Negara : Uganda
Julukan : Mutiara Afrika


Negara : Yunani
Julukan : Negeri Para Dewa


Negara : Finlandia
Julukan : Negeri Seribu Danau


Negara : Jerman
Julukan : Negeri Hitler


Negara : Kanada
Julukan : Negeri Pecahan Es


Negara : Kuba
Julukan : Negeri Cerutu


Negara : Mesir
Julukan : Negeri Fir’aun


Negara : Rusia
Julukan : Negeri Tirai Besi


Negara : Rusia
Julukan : Negeri Beruang Putih


Negara : Spanyol
Julukan : Negeri Matador


Negara : Taiwan
Julukan : Naga Kecil Asia


Negara : Thailand
Julukan : Negeri Gajah Putih


Negara : Thailand
Julukan : Negeri Seribu Pagoda


25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA

Sekian tulisan singkat dari kami, semoga menambah ilmu pengetahuan anda. Dan terima kasih atas kunjungannya. 

Judul : 25 JULUKAN NEGARA NEGARA DI DUNIA
Penulis : Ilmupengetahuan.id
Tanggal : 11 April 2019
Hari : Kamis
Di : Kota Medan
Source : Google